Sejarah Bulu Tangkis Indonesia di Piala Sudirman

Yogyakarta - Piala Sudirman 2019 telah terselenggara. Kejuaraan yang memperebutkan trofi tertinggi bulu tangkis beregu campuran tersebut, dilaksanakan sejak 19 sampai 26 Mei 2019, di Guangxi Sports Center, Naming, Cina.

Piala Sudirman sendiri telah terlaksana sebanyak 15 kali, sejak pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989, tim Indonesia telah tercatat tak pernah sekalipun absen dari acara dua tahunan ini. Tidak hanya itu, tim Indonesia juga tercatat mampu menembus final sebanyak tujuh kali. Tapi sayangnya, Indonesia hanya mampu meraih satu kali gelar juara, dan sisanya berakhir sebagai runner up.

Indonesia mampu memenangkan Piala Sudirman sendiri pada tahun 1989 di Jakarta, tepatnya saat Piala Sudirman pertama kali diselenggarakan. Kala itu, Indonesia bertemu dengan Korea Selatan di partai puncak, kemudian Indonesia sukses menundukkan tamunya Korea Selatan melalui persaingan ketat, sehingga skor saat itu berakhir 3-2.

Baca Ini Juga Yuk: Pensiun dari Bulutangkis, Ini Sepak Terjang Liliyana Natsir

Saat itu kemenangan Susi Susanti di partai ketiga, mampu menjadi titik balik tim Indonesia. Setelah sebelum pertandingan Susi Susanti, di dua partai sebelumnya pasangan ganda putra Eddy Hartono/Rudy Gunawan dan pasangan ganda putri Verawaty Fajrin/Yanti Kusmiati menelan kekalahan.

Kemudian kemenangan di raih Indonesia saat tunggal putra Eddy Kurniawan, beserta duet campuran Eddy Hartono/Verawaty Fajri, yang kemudian Indonesia keluar sebagai juara sekaligus menjadi tuan rumah saat itu.

Sejak saat itu, Indonesia gagal mengulang kembali kemenangan manisnya saat 1989. Indonesia memang tercatat menuju ke final sebanyak enam kali pada tahun 1991, 1993, 1995, 2001, 2005, dan 2007, namun torehan ke final yang mereka capai sebanyak enam kali tersebut, Indonesia selalu berakhir sebagai juara kedua.

Lantas, apakah tahun ini Indonesia akan membawa trofi Piala Sudirman 2019 yang telah terselenggara di Cina? Mari kita mencoba untuk mendukung teman-teman bulu tangkis Indonesia.


Foto: Badmintonindonesia.org

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler