Kepada Siapa Harusnya Zakat Fitrah Diserahkan? Nih, Jawabannya!

Bandung - TemanBaik, sudah tahu kan zakat fitrah adalah kewajiban bagi umat muslim? Lalu, bagaimana sih cara yang tepat untuk membayar zakat? Yuk, kita bahas!

Zakat fitrah sendiri besarannya adalah 3,5 liter atau 2,5 kilogram beras setiap individu. Tapi, di era sekarang zakat fitrah sudah banyak yang diganti dengan uang. Tentu saja uang itu setara dengan nilai beras yang harus dibayarkan.

Di Kota Bandung, besaran zakat fitrah yang sudah ditetapkan untuk tahun ini jika dengan uang adalah Rp30 ribu. Kamu tinggal membayarnya deh ke panitia zakat di lingkungan tempat tinggalmu atau ke lembaga resmi pengelola zakat. Jika ingin membayar zakat fitrah berupa beras, panitia juga biasanya membolehkan kok.

Kapan waktunya? Zakat fitrah ini ditunaikan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Biasanya, panitia zakat di masjid-masjid akan membuka penerimaan zakat beberapa hari sebelum Idul Fitri. Setelah itu, zakat akan dibagikan kepada penerima sebelum salat Idul Fitri.

Baca Ini Juga Yuk: Sempurnakan Puasamu, Jangan Lupa Lakukan Ini Ya

Zakat fitrah ini bisa juga kamu serahkan langsung ke keluarga dekat yang membutuhkan. Tapi, jika tidak diserahkan ke keluarga, sebaiknya kamu menyerahkannya ke panitia zakat fitrah atau lembaga resmi.

Tapi, Ketua Baznas Kota Bandung Maman Abdurrahman mengimbau jika warga menyalurkan zakat fitrahnya tanpa melalui panitia, sebaiknya melapor ke panitia zakat fitrah. Sebab, hal itu sangat diperlukan untuk pendataan.

"Memang kalau berdasarkan tuntunan Alquran, kerabat itu harus diutamakan (sebagai penerima zakat fitrah). Tapi, upayakan juga lewat tata cara administrasi, lapor ke unit pelaksana zakat (UPZ) di daerah masing-masing kalau zakatnya disalurkan langsung ke kerabat," kata Maman di Balai Kota Bandung, Selasa (21/5/2019).

Jika TemanBaik takut lupa membayar zakat, solusinya adalah titipkan zakat fitrahmu dari sekarang deh ke DKM masjid setempat. Sebab, rata-rata panitia baru membuka penerimaan pembayaran zakat pada H-5 Idul Fitri.

Dengan begitu, kamu akan lebih tenang deh. Sebab, kewajibanmu berzakat fitrah sebagai umat muslim sudah ditunaikan. Awas ya, TemanBaik, jangan sampai lupa menunaikan zakat!


Foto: Oris Riswan Budiana

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler