Trik Dinkes Bandung Cegah Pemudik Keracunan di Terminal

Bandung - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung punya cara tersendiri untuk mencegah terjadinya keracunan bagi pemudik yang berangkat dari Termainal Leuwipanjang dan Cicaheum. TemanBaik mau tahu apa yang dilakukan Dinkes?

Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum adalah dua terminal bus untuk arus mudik dan balik. Di sini, banyak terdapat penjual aneka makanan, mulai dari camilan hingga makanan berat.

Persoalannya, enggak semua makanan dan minuman di dua lokasi ini bersih, sehat, dan terjamin mutunya kan? Karena itu, Dinkes membentuk tim khusus yang bertugas melakukan inspeksi ke penjual makanan.

Mereka akan memeriksa berbagai makanan yang dijual pedagang. Tujuannya untuk memastikan makanan yang dijual benar-benar aman dan layak dikonsumsi. Sehingga, pemudik yang jajan di terminal diharapkan tidak keracunan atau mengalami sakit lainnya.

"Tahun ini kita akan melakukan inspeksi ke tempat penjual makanan di terminal," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung Girindra Wardhana dalam kegiatan Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Kota Bandung, Kamis (23/5/2019).


Kenapa sih harus dilakukan inspeksi? Itu enggak terlepas dari kejadian sebelum-sebelumnya loh. Contohnya tahun lalu, pernah kejadian ada pemudik yang sakit perut usai membeli makanan di sekitar terminal.

Dari hasil pemeriksaan, ternyata cukup mengejutkan loh. Salah satunya ada pedagang yang menjual makanan kedaluwarsa.

"Tahun lalu makanan expired masih ada yang dijual, ada juga makanan yang (bermasalah) terkait higienis hingga sanitasi," jelas Girindra.

Dengan cara seperti itu, diharapkan tidak akan ada lagi makanan tidak layak konsumsi yang dijual ke pemudik. Sebab, pedagang akan diminta untuk menyingkirkan makanan atau minuman yang dinilai tidak layak dikonsumsi.

TemanBaik yang akan mudik dari Terminal Leuwipanjang atau Cicaheum sebaiknya berhati-hati ya. Bukan enggak boleh jajan, tapi jika jajan, sebaiknya perhatikan kebersihan hingga tanggal kedaluwarsanya. Jangan asal makan atau minum ya!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler