Nyaman Saat Mudik Bareng Anak? Ini Loh 4 Tips dari KAI

Bandung - Pekan depan, masa mudik lebaran sudah mulai ramai nih TemanBaik. Enggak sendiri, tradisi pulang kampung juga lebih asyik ramai-ramai dengan anggota keluarga lain.

Nah khusus buat yang naik moda transportasi kereta api, Manajer Humas Daerah Operasi 2 Bandung Noxy Citrea Bridara berbagi tips jitunya nih. Kira-kira, apa saja sih yang wajib dipersiapkan untuk tetap nyaman saat membawa serta anak kecil atau balita di kereta.

1. Pesan Tiket Lebih Awal
Buat yang mudik ke daerah favorit seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur, baiknya sih mulai berburu tiket dari jauh-jauh hari keberangkatan. Meski tiket ini bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan, tapi urusan memesan tiket secara online ini tetap butuh effort tinggi. Misalnya, kamu harus begadang memantau saat PT KAI resmi membuka pemesan tiket mudik lebaran. 


2. Jangan Terlambat Pergi ke Stasiun
Kalau bawa anak kecil atau anggota keluarga  dalam jumlah banyak, alangkah baiknya kita mempersiapkan diri dari 2-3 jam sebelum keberangkatan. Luangkan waktu lebih lama agar terhindar dari kasus kejar-kejaran dengan waktu kereta bertolak. Apalagi buat zaman sekarang loh TemanBaik, naik kereta juga harus boarding dulu. Pastikan juga hari, tanggal, dan jam keberangkatan jangan sampai salah. Enggak kebayang kan kalau kita ketinggalan kereta, kan seduh kalau tiketnya hangus. Acara mudik di kampung halaman pun jadi gagal.

3. Persiapkan Kebutuhan makanan dan minuman 
Di kereta sih sudah tersedia ya kereta makan. Tapi menunya belum tentu disukai anak-anak. Jadi kalau mau aman persiapkan amunisi seperti susu, minuman, camilan hingga makanan favorit anak-anak. Selain makanan, boleh juga sih bawa mainan favorit agar mereka enggak rewel atau bosan.  

4. Bawa Gadget atau Smartphone
Gadget sih sebaiknya enggak diperkenalkan pada anak-anak. Tapi buat sebatas memutarkan lagu atau film favorit mereka, kita bisa membawa peranti ini untuk menemani anak saat di perjalanan. Ingat loh TemanBaik, kalau perjalanan kereta lebih dari 300 km biasanya mereka dilanda bosan dan mood-nya bisa turun. Jadi cipatakan saja suasana perjalanan yang menyenangkan. 

Foto: Humas Daop 2 Bandung

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler