Menyetir Saat Mudik? Perhatikan Hal Ini Ya!

Bandung - TemanBaik yang akan mengemudikan kendaraan roda empat saat mudik nanti, sebaiknya perhatikan beberapa hal ya saat menyetir kendaraan nanti. Apa aja?

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung Girindra Wardhana mengatakan hal utama yang harus dihindari adalah menyetir dalam keadaan sakit. Sebab, hal itu sangat berpotensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

"Hindari juga asap rokok (merokok) dan minum alkohol. Jangan minum obat yang akan menimbulkan ngantuk," kata Girindra.

Istirahat juga jadi hal penting loh. Usahakan kamu maksimal beristirahat setelah empat jam perjalanan. Jika kamu merasa lelah sebelum mengemudi empat jam, istirahat jauh lebih bijak daripada memaksakan mengemudi.


Setelah istirahat cukup, kamu bisa melanjutkan perjalanan mudikmu. Selain itu, gunakan masker jika kamu membuka jendela mobil. Sebab, udara di luar bisa saja mengandung zat-zat berbahaya akibat dari polusi kendaraan di jalur mudik.

Ini nih yang enggak kalah penting. Usahakan jangan mengonsumsi makanan dari orang yang enggak dikenal. Kamu enggak tahu kan kebersihan makanan itu seperti apa. Jangan sampai deh mudik kamu terhambat gara-gara kamu keracunan, apalagi jika sampai harus dirawat di rumah sakit. "Biasakan juga pola hidup bersih dan sehat," jelas Girindra.

Bagaimana sih pola hidup bersih dan sehat dalam perjalanan mudik? Intinya sih sama saja kok, TemanBaik. Perhatikan kebersihan saat melakukan sesuatu. Saat akan makan misalnya, cuci tangan dengan bersih menggunakan air dan sabun.

Gimana nih TemanBaik, sudah siap nyetir saat mudik nanti? Perhatikan hal-hal di atas ya!


Foto: Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler