Langkah Dishub Bikin Mudik di Jabar Aman dan Nyaman

Bandung - Dalam beberapa hari ke depan, akan ada banyak ruas jalan di Jawa Barat yang dilintasi pemudik. Untuk kelancaran, keamanan, hingga kenyamanan di jalur mudik, Dinas Perhubungan Jawa Barat melakukan beberapa langkah.

Pemantauan pun dilakukan ke sejumlah ruas jalan di Jawa Barat sejak kemarin hingga hari ini. Salah satu yang dikunjungi adalah jalur Bandung-Subang, khususnya Tanjaman Aman (sebelumnya disebut Tanjakan Emen).

Beberapa yang sudah dan akan dilakukan di Tanjakan Aman dan sekitarnya adalah memasang penerangan jalan umum (PJU), pemasangan rambu, dan marka lalu lintas.

"Insya Allah dari sisi antisipasi, dari sisi kelengkapan fasilitas jalan raya, insya Allah (Tanjakan Aman dan sekitarnya) sudah siap, sudah aman," kata Kadishub Jawa Barat Hery Antasari di sela pemantauan.

Baca Ini Juga Yuk: 75 Area Peristirahatan Disiapkan PUPR di Ruas Tol Trans Jawa

Selain Tanjakan Aman, ada beberapa titik lainnya yang dikategorikan rawan kecelakaan. Itu karena kondisi jalannya berkelok tajam hingga menanjak atau menurun cukup ekstrem.

Langkah lainnya adalah memasang berbagai perlengkapan keselamatan jalan di berbagai titik, salah satunya pemasangan water berrier. Pengaturan arus lalu lintas juga dilakukan dengan menempatkan banyak petugas di jalur mudik, mulai dari petugas Dishub, polisi, hingga relawan.

"Nanti akan ada petugas khusus (di jalur arus mudik), leading sector-nya kepolisian nanti yang mengatur," jelas Hery.

Dishub juga berkoordinasi dengan berbagai instansi lain untuk beragam persiapan jika dihadapkan pada situasi negatif. Salah satunya berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga untuk menyiapkan alat berat di jalur mudik dan jalur wisata rawan bencana mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri.

Foto: Sapta

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler