Lakukan 5 Tips Aman dari PLN Ini Sebelum Mudik Lebaran

Bandung - TemanBaik sudah siap - siap mudik lebaran? Berkaitan dengan keamanan listrik di rumah selama ditinggalkan mudik, PLN berbagi tips nih. Enggak cuma sibuk mempersiapkan baju lebaran ya, saat pulang kampung kita juga wajib merapikan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan di kediaman masing - masing.


Ini juga jadi langkah pencegahan loh dari risiko kebakaran akibat dari konsleting listrik. Yuk intip kiat amannya

1. Matikan aliran listrik yang enggak diperlukan, termasuk mencabut semua peralatan eletronik yang tidak digunakan dari aliran stop kontak. Ini jadi pencegahan ampuh loh dari ancaman kebakaran akibat dari hubungan pendek arus listrik.

2. Tidak Menyalakan Petasan dan Kembang Api Dekat Tiang Listrik
PLN juga menyarankan untuk enggak  bermain-main dengan petasan dan kembang api di sekitar tiang, kabel maupun jaringan listrik karena berpotensi mengakibatkan kebakaran. Jadi kalau mau aman, TemanBaik yang masih kecil bisa diberi pemahamannya ya, kalau mau main petasan atau kembang api baiknya terjauh dari sumber listrik bertegangan tinggi.

3. Bayar Listrik Sebelum Mudik 
Tradisinya sih kalau mudik pasti waktunya lama. Biar nyaman saat bersilaturahmi di kampung halaman, baiknya bayar rekening listrik untuk menghindari denda karena keterlambatan atau pemutusan sementara.

Buat pelanggan prabayar, saat meninggalkan rumah jangan sampai alarm meteran listrik berbunyi terus loh TemanBaik. Pastikan untuk membeli token listrik yang cukup agar persedian listrik terpenuhi selama rumah ditinggalkan. 

4. Jangan Matikan Lampu Luar
Untuk terhindar dari pencurian, baiknya lampu luar rumah tetap menyala ya. Kalau bisa sih menggunakan lampu yang pakai sensor ya. Nah kalau masih riskan dan khawatir, sebelum mudik kita wajib berpamitan dengan tetangga, petugas keamanan di sekitar rumah untuk sekadar menitipkan.

5. Darurat Hubungi Call Center PLN 123
Kalau TemanBaik menemukan ketidaknyamanan dalam pelayanan listrik saat momen lebaran,  segera menghubungi Contact Center PLN 123. Jangan khawatir ya,  petugas PLN akan bersiaga selama 24 jam penuh loh.


Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler