Pegadaian Bandung Salurkan Dana DKU pada Warga dan Masjid

Bandung - Pegadaian Area Bandung 2 menyalurkan Dana Kebajikan Umat (DKU) pada masjid-masjid yang berada di Kelurahan Pasir Endah Kota Bandung dan Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Penyaluran bantuan ini dilakukan bersamaan dengan acara buka puasa bersama di kantor Pegadaian Area Bandung 2, Selasa (21/5/2019).

DKU sendiri adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) pegadaian yang berasal dari selisih atau kelebihan dari nasabah yang barangnya tidak dapat selesaikan oleh nasabah. Barang tersebut di lelang dan selisihnya diberikan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sosial DKU.

Ketentuan pelelangan barang milik nasabah sudah ditetapkan selama 1 tahun. Namun, ketika dilelang selisih tidak di ambil oleh nasabah maka itu tidak bisa dijadikan laba perusahaan dan harus dikembalikan kepada masyarakat.

Baca Ini Juga Yuk: Bagaimana Cara Efektif Memberikan Donasi untuk Korban Bencana?

"DKU adalah dana dari masyarakat yang dikembalikan ke masyarakat. Dana yang diberikan ke pegadaian dan dikembalikan dalam bentuk DKU," ujar VP pegadaian Area Bandung 2 Arif Rinardy.

Penyaluran DKU diberikan dalam bentuk santunan pada anak yatim, kaum duafa di sekitar kantor Pegadaian dan juga sumbangan untuk DKM masjid. "Ini dilakukan supaya masyarakat bisa merasakan kepedulian dari pegadaian untuk lingkungan sekitar," katanya.

Program penyaluran DKU ini menurut Arif memang kerap dilakukan oleh kantor-kantor pegadaian syariah di berbagai wilayah. Arif berharap Pegadaian yang telah berusia 118 tahun ini masih dipercaya oleh masyarakat untuk melayani berbagai bentuk pinjaman.


Foto: Sapta Djuharti

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler