Helikopter Bakal Terlihat di Langit Jabar Selama Arus Mudik

Bandung - Apa yang TemanBaik pikirkan jika polisi menyiapkan helikopter selama arus mudik dan balik di Jawa Barat? Bukan buat mengangkut penumpang pergi mudik loh.

Dua helikopter itu akan terlihat berkeliling di udara melintasi berbagai wilayah di Jawa Barat. Tujuannya adalah untuk memudahkan petugas melakukan pemantauan arus mudik dan balik.

"Ada helikopter disiapkan dari Mabes Polri dan Polda Jawa Barat," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi di sela Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019 di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (28/5/2019).

Dengan memantau di udara, polisi dan instansi terkait lainnya bakal lebih mudah melakukan evaluasi. Sehingga, akan lebih mudah untuk menentukan berbagai langkah saat terjadi permasalahan di jalur mudik.

Baca Ini Juga Yuk: 6 Tips Biar Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik

Selain itu, hadirnya helikopter bisa digunakan untuk kepentingan lain. Helikopter itu bisa jadi alat evakuasi saat kondisi darurat. "Kalau ada yang sakit atau apa (kecelakaan), kita siapkan helikopter itu untuk evakuasi," ungkap Rudy.

Secara umum, ia menegaskan kesiapan pengamanan arus mudik dan balik di Jawa Barat. Polisi, TNI, dan berbagai instansi lain sudah mantap mengawal agar arus mudik dan balik berjalan lancar dan aman. "Kita sudah siap semua," tegas Rudy.

Dalam Operasi Ketupat Lodaya 2019 ini, total ada sekitar 22 ribu personel gabungan loh. Mereka disebar ke berbagai wilayah di Jawa Barat.

Untuk menunjang kelancaran mereka bertugas, tiga pos terpadu didirikan di kawasan Cikopo, Palimanan, dan Limbangan. Ada juga 35 pos pengamanan dan 276 pos pelayanan se-Jawa Barat.

Alat berat juga disiagakan loh, khususnya di jalur mudik rawan bencana. Sehingga, saat dibutuhkan, alat berat itu bisa langsung meluncur ke lokasi bencana, misalnya di area longsor.


Foto: Oris Riswan Budiana


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler