Butuh Layanan Kesehatan Darurat Saat Mudik? Hubungi 119 Saja!

Bandung - TemanBaik ada yang sudah atau akan mudik? Jaga kesehatan ya biar perjalananmu enggak terganggu. Tapi, namanya kesehatan kan kadang enggak bisa ditebak. Bisa saja tiba-tiba kamu atau orang sekitarmu butuh bantuan kegawatdaruratan saat mudik nanti.

Jika butuh bantuan kegawatdaruratan kesehatan, enggak perlu bingung deh. Misalnya anggota keluarga tiba-tiba sakit, ada yang kecelakaan, atau hal lain yang butuh perawatan, kamu cukup menghubungi nomor public safety center (PSC) 119. Sampaikan apa keluhanmu, termasuk jika dirasa butuh ambulans untuk ke rumah sakit.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan PSC 119 akan siaga selama 24 jam setiap harinya. PSC 119 sendiri memiliki jaringan yang terintegrasi dan terpadu di beberapa daerah.

"National Commando Centre (NCC) PSC 119 ini terpusat di Kementerian Kesehatan. Apabila ada kejadian di suatu daerah, maka komando pusat akan menghubungi PSC 119 terdekat dari titik peristiwa," kata Nila di laman resmi Kementerian Kesehatan.


Bagaimana jika di daerah warga menelepon 119 justru tidak ada layanan PSC 119? Kamu tetap bisa menghubungi 119 kok. Tapi, komando akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan pusmeskas atau rumah sakit terdekat. Dengan begitu, pertolongan pertama kegawatdaruratan bisa tetap dilakukan secepatnya.

Layanan PSC 119 sendiri sudah berjalan sejak 2016. Seiring waktu, perkembangan pun terus dilakukan loh. Salah satu keunggulannya adalah adanya inovasi ambulans roda dua atau sepeda motor. Tujuannya untuk mempercepat jangkauan ke lokasi peristiwa kegawatdaruratan kesehatan.

Hadirnya ambulans roda dua itu selama ini cukup efektif. Sebab, waktu tempuh bisa lebih cepat. Selain itu, ambulans roda dua bisa melintas saat jalur mudik sedang padat atau sulit dijangkau. Sebaliknya, jika menggunakan ambulans mobil, akan ada banyak kendala yang dihadapi saat kondisi jalanan padat.

Nila pun mengajak para pemudik untuk aktif menggunakan PSC 119. Enggak usah ragu-ragu. Justru, dengan menghubungi 119, kegawatdaruratan saat mudik diharapkan bisa diselesaikan.

"Jangan ragu untuk menghubungi 119, kita akan siap melayani para pemudik kapanpun dan di mana pun," ajak Nila.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler