Sudah Tahu? Begini Bedanya Laut dan Samudra

Bandung - Kamu sudah tahu belum TemanBaik kalau laut dan samudra itu berbeda? Meskipun secara umum memiliki kesamaan, laut dan samudra memiliki beberapa perbedaan loh! Di Hari Laut Sedunia yang jatuh pada 8 Juni ini, yuk kita tingkatkan kesadaran mengenai keberadaan laut dan kenali apa saja perbedaan antara laut dan samudra.

Daratan yang Dipisahkan
Laut umumnya mengacu pada air garam dalam jumlah yang besar, sementara samudra adalah massa air besar meliputi 70 persen bumi. Laut memisahkan daratan yang berupa pulau, sedangkan samudra memisahkan daratan yang berupa benua.

Baca Ini Juga Yuk: Ini yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tak Ada Lagi 'Paus Makan Sampah'

Kedalaman
Samudera biasanya lebih dalam dari laut. Jika laut memiliki kedalaman satu sampai dua ribu meter saja, maka samudra dapat mencapai belasan ribu meter. Sehingga bisa dikatakan secara umum laut memiliki kedalaman yang lebih dangkal jika dibandingkan dengan samudra.

Luas
Samudra memiliki luas hingga ratusan juta kilometer, sedangkan laut hanya memiliki luas satu hingga tiga juta kilometer persegi. Laut merupakan bagian dari samudra, sementara samudera merupakan kumpulan beberapa laut.

Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa pengamatan mengenai daftar samudera di dunia. Contohnya Samudera Hindia merupakan kumpulan beberapa laut, yaitu Laut Cina Selatan, Laut Arab, Laut Indonesia, dan lainnya.


Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler