Begini Aksi Keren Warga Bandung Kompak Bersihkan Alun-alun

Bandung - TemanBaik, ada aksi keren nih di Alun-alun Kota Bandung pada Senin (10/6/2019) ini. Puluhan orang dari berbagai komunitas kompak membersihkan Alun-alun Kota Bandung dari sampah.

Alun-alun Kota Bandung sendiri merupakan salah satu destinasi favorit warga untuk berwisata gratis. Di sada terdapat area lapangan yang luas dengan rumput sintetis di atasnya.

Tapi, sayangnya masih ada saja warga yang tidak sadar. Sampah ada di mana-mana loh, mulai dari bungkus makanan, botol minuman kemasan, hingga tusuk gigi dan permen karet. Miris ya!

Apalagi saat musim libur Lebaran, volume sampah di sekitar Alun-alun meningkat drastis. Bahkan, menurut petugas kebersihan di sana, volume sampah bisa 10 kali lipat lebih banyak dari hari biasa loh.

Kondisi itu membuat Tubagus Zainal Arifin alias Uncle Teebob bersama berbagai komunitas di Kota Bandung tergerak untuk melakukan aksi bersih-bersih. Mereka menyebar ke berbagai titik di lokasi. Sampah-sampah yang mereka temukan lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik sampah berukuran besar.

Tidak hanya mereka loh, pengunjung yang kebetulan ada di lokasi juga ada yang turut membantu memungut sampah di sekitarnya. Keren deh kolaborasi para komunitas itu dengan pengunjung. Mereka bahu-membahu membuat kawasan Alun-alun kembali bersih dari sampah yang menyebar di mana-mana.

Uncle Teebob mengatakan kegiatan bersih-bersih itu sudah rutin dilaksanakan selama 4 tahun. Biasanya, bersih-bersih dilakukan saat masa libur Lebaran atau setelahnya.

Lewat kegiatan itu, ia berharap publik semakin sadar akan kebersihan lingkungan. Sebab, kebersihan lingkungan bukan hanya tugas pemerintah.

"Kita berharap semua unsur masyarakat bisa terlibat dalam membersihkan area publik seperti ini. Hal seperti ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi kita sebagai masyarakat umum juga harus bertanggungjawab," kata Uncle Teebob.

Ia bersama para komunitas yang terlibat juga berharap kesadaran menjaga lingkungan tidak hanya dimiliki pengunjung Alun-alun Kota Bandung. Publik di daerah lain juga diharapkan sama-sama menjaga kebersihan lingkungannya, termasuk tempat publik dan tempat wisata.

TemanBaik sadar kan risiko jika banyak sampah bertebaran di mana-mana? Yang pasti, penyakit akan mendekat.

"Kita mengingatkan kembali bahwa sampah itu menjadi tidak ramah kalau kita tidak mau menjamah (membersihkannya)," ungkap Uncle Teebob.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler