7 Tips Aman dari PLN Agar Terhindar dari Korsleting Listrik

Bandung - Cuaca yang sangat panas belakangan ini, kerap memicu korsleting listrik di rumah maupun perkantoran. Nah untuk mencegah terjadinya hubungan pendek yang memicu kebakaran, baiknya kita mulai pelajari langkah amannya untuk terhindar dari musibah kebakaran. Sebagai upaya awal, PLN membagikan tips aman gimana sih triknya menjaga rumah dari korsleting listrik. Yuk simak!

1. Sambung Listrik Secara Resmi dari PLN
Perlu diketahui, sebelum listrik disambung oleh PLN, pemilik persil harus memasang instalasi listrik ke instalatir (petugas atau organisasi yang punya kewenangan memasang listrik secara resmi) lalu menguji kelayakan operasi instalasi listriknya sesuai dengan peruntukannya.

Berdasarkan perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL) antara PLN dan pelanggan, setiap pemakaian listrik harus sesuai dengan peruntukkannya dan daya terdaftar. Ketika pelanggan mendaftarkan listriknya untuk penggunaan rumah tangga, maka ia harus menggunakan listrik hanya untuk keperluan rumah tangga, tidak boleh untuk bisnis, ataupun industri. Kalau pelanggan melanggar ketentuan di atas, maka ketidaksesuaian itu bisa menyebabkan korsleting yang memicu kebakaran loh.

2. Hubungi Langsung Petugas PLN Saat Listrik Bermasalah
Musim kemarau sering menyebabkan alat alat elektronik di rumah lebih mudah panas. Kondisi ini juga membahayakan loh, karena bisa menimbulkan ledakan. Untuk menjaga instalasi listrik, bijaknya sih enggak usah mengotak-atik meteran sendiri ya. Selain membahayakan, cara ini juga bis dikenakan denda pelanggaran. Kalau ada yang enggak beres, segera hubungi petugas PLN terdekat untuk memastikan kondisinya.

3. Cek Instalasi Listrik 5 Tahun Ke Instalatir Terakreditasi
Selain pengecekan simpel, lakukan cek keseluruhan dari instalasi arus listrik setidaknyanya 5 tahun sekali ke instalatir terakreditasi. Kalau ada kabel rusak karena panas atau rusak digigit tikus, hal ini bisa segera dapat diganti dengan yang baru dan berstandar SNI.

Baca Ini Juga Yuk: Catat! Ini Kontak PLN untuk Dihubungi Jika Ada Gangguan Listrik

4. Pastikan Instalasi Listrik di Rumah Memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO)
Sertifikasi aman juga berlaku di kelistrikan rumahan loh. Jadi biar lebih aman, baiknya instalasi listrik di rumahnkita sudah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) ya.

5. Cek Stecker Listrik
Stecker listrik atau setiap colokan di rumah biasanya memberikan tanda kalau sudah aus atau enggak layak pakai. Kalau sudah berwarna hitam disekitarnya, segeralah ganti. Lebih lanjut, jangan menumpuk steker karena akan menimbilkan panas berlebihan dan menimbulkan potensi kebakaran ya.

6. Jauhkan Alat Listrik dari Benda Mudah Terbakar
Kebiasaaan menancapkan alat eletronik terlalu lama bisa memicu korsleting loh TemanBaik. Jangan biarkan peralatan elektronik seperti TV dan charger ponsel menancap saat baterainya sudah terisi penuh. Jauhkan juga instalasinya dari benda mudah terbakar seperti tabung gas, kertas dan benda sejenis yang mudah terbakar.

7. Segera Hubungi Pemadam Kebakaran dan Contact Center 123 saat Terjadi Masalah
Kalau terjadi kebakaran, segera hubungi pemadam kebakaran dan contact center 123 untuk memadamkan listrik di sekitar rumah. Lebih lanjut, usahakan mempunyai alat pemadam api ringan dan isinya diganti setahun sekali. Segera putuskan aliran listrik dengan mematikannya secara langsung dari sekring rumah.

Jika listrik dirumah aman, maka kita akan terhindar dari bahaya kebakaran. Ayo peduli instalasi listrik!


Foto: PLN UID Jabar


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler