IAIN Kudus Kini Punya Perpustakaan Keren, Begini Tampilannya

Kudus - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus kini punya gedung perpustakaan baru yang keren loh, TemanBaik. Dalam waktu dekat, gedung perpustakaan itu bakal segera diresmikan dan beroperasi.

Pembangunan gedung yang megah, modern, dan dilengkapi banyak koleksi buku itu dimulai sejak Juli 2018 lalu. Pembangunan itu sebagai respon atas perubahan status IAIN pada Mei 2018 lalu yang sebelumnya sekolah tinggi.

Proyek pembangunan gedung perpustakaan pun digeber. Butuh waktu sekitar setahun, perpustakaan itu sudah selesai. Saat ini perpustakaan itu tinggal dilakukan sentuhan akhir agar bisa beroperasi.

"Insya Allah peresmian penggunaannya akan dilakukan pada akhir Juli 2019. Kami berharap bisa diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin," kata Rektor IAIN Kudus Mudzakir di laman resmi Kementerian Agama.

Rencananya, peresmian nanti akan dirangkaikan dengan seminar nasional perpustakaan. Berbagai kepala perpustakaan dari perguruan tinggi keagamaan se-Indonesia akan dihadirkan.

TemanBaik, ada alasannya loh kenapa perpustakaan megah itu dibangun. IAIN Kudus ingin menghadirkan perpustakaan terbaik bagi mahasiswanya. Sehingga, IAIN Kudus akan menjadi gudang ilmu yang melahirkan lulusan mahasiswa mumpuni.

Baca Ini Juga Yuk: Berkelana ke Masa Lalu di Rumah Buku Kineruku

"Kudus adalah salah satu kota wali. Diharapkan IAIN Kudus bisa menjadi salah satu kajian Islam Nusantara, baik dari aspek sejarah maupun proyeksi pengembangan budaya Islam dan Nusantara ke depan," tutur Mudzakir.

TemanBaik penasaran enggak dengan fasilitas di perpustakaan IAIN Kudus? Perpustakaan ini terdiri dari empat lantai. Total koleksi bukunya mencapai 32 ribu loh.

Lantai pertama akan dipakai sebagai ruang perkantoran. Lantai kedua untuk koleksi buku umum. Lantai ketiga untuk koleksi buku keislaman, buka tandon, international corner, dan jurnal corner. Sedangkan lantai empat untuk ruang referensi, meeting room, skripsi tesis, pusat penerbitan, dan aula.

"Gedung ini kami desain secara modern dan memperhatikan kebutuhan kaum milenial, dilengkapi dengan berbagai sarana modern dan teknologi informasi, free wifi, RFID, dan terkoneksi ke berbagai perpustakaan nasional dan internasional. Harapannya, semua itu bisa menambah kenyamanan para mahasiswa saat berkunjung ke perpustakaan," jelas Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Kudus Karsa Sukarsa.


Foto: gedung dan fasilitas perpustakaan IAIN Kudus (dokumentasi IAIN Kudus)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler