Eksplorasi Budaya Suku Dayak di Festival Budaya Isen Mulang 2019

Bandung - Sudah tahu belum kalau di Palangkaraya ada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 loh. Acara yang menampilkan keragaman dan keunikan budaya suku Dayak ini digelar sejak tanggal 17-22 Juni 2019. Masih ada sisa waktu kok buat kamu yang pengin mengunjungi festival kebudayaan yang satu ini. 

Pada acara ini dipertandingkan sebanyak 22 cabang lomba, di antaranya karnaval budaya, putra-putri pariwisata, tari daerah, karungut, mangenta, malamang, panginan sukup simpan, mangaruhi, sepak sawut, maneweng manetek, manyila kayu, jukung tradisional, sampai besei kambe.

Baca Ini Juga Yuk: Bandung Siap Gelar Festival Budaya & Ekonomi Antar Bangsa 2019

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Said Ismail mengatakan bahwa acara ini tidak hanya menjadi arena untuk bertanding saja. Tapi diharapkan bisa jadi sarana untuk lebih mempromosikan lagi budaya dan pariwisata yang ada kepada wisatawan. 

"Hampir seluruh kabupaten/kota di Kalteng ikut semua. Kami berharap ini menjadi daya tarik tersendiri untuk sama-sama kita mengangkat dan mempertahankan budaya yang kita miliki," kata Said.

Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 sendiri sengaja dikemas dengan standar yang tinggi untuk lebih menarik minat wisatawan yang datang ke Kalimantan, khususnya Palangkaraya. Beragam unsur budaya yang ada pun dikolaborasikan dengan karnaval dan perlombaan, sehingga terlihat lebih menarik dan unik. 



Foto: Dok. Kemenpar

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler