Kesiapan Bandara Kertajati Operasikan Penerbangan Baru

Bandung - TemanBaik, rencana pemindahan rute 12 penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka bakalsegera terealisasi mulai 1 Juli 2019.

Bagaimana sih persiapan agar BIJB benar-benar siap mengoperasikan rute penerbangan 'pelimpahan' dari Bandung tersebut?
Kadishub Jawa Barat Hery Antasari mengatakan berbagai pihak sudah siap menjalankan rencana tersebut, terutama pengelola BIJB dan PT Angkasa Pura II (Persero).

"Maskapai ini yang memiliki pesawat, rute dan pengajuan rutenya ini harus disiapkan. Ini harus kita pahami sebagai persiapan di lapangan," kata Hery dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (21/06/2019).

Saat ini, pihak maskapai sedang menempuh proses perizinan pemindahan rute. Sebelum 1 Juli, semua proses perizinan ditargetkan sudah selesai. Sehingga 12 rute penerbangan domestik dari Bandung siap dipindahkan ke BIJB.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Ibut Astono mengatakan berbagai hal sedang dan terus dipersiapkan, di antaranya penyiapan beragam fasilitas hingga sumber daya manusia (SDM) di BIJB.

"Kami juga melakukan koordinasi intens dengan BIJB untuk melakukan persiapan, seperti tenant, moda transportasi darat, dan lain-lain. Kami juga koordinasi dengan Kemenhub untuk dilakukan inspeksi ulang ke BIJB karena BIJB ini sudah lama vakum untuk kepastiannya (siap beroperasi 1 Juli)," jelasnya.


Beberapa maskapai pun sudah menyatakan kesiapannya. Bahkan, sudah ada yang menyetorkan jumlah pesawat dan rute yang bakal beroperasi mulai 1 Juli dari BIJ.

Lion Air misalnya sudah siap dengan 13 penerbangan, Citylink dengan 6 penerbangan, AirAsia sebanyak dua penerbangan, dan Garuda Indonesia dengan satu penerbangan. Pihaknya juga masih menunggu beberapa maskapai lain yang menyampaikan kesiapannya beroperasi di BIJB.

Sementara itu, Distric Sales Manager Citylink Aribowo Setio menegaskan kesiapan maskapainya dan siap memindahkan rute penerbangannya dari Bandung. "Prinsipnya kami mendukung sekali kebijakan yang diambil pemerintah," ucapnya.

Lebih lanjut, Distric Manager Lion Air Eva Rusmini juga mengutarakan hal sama. Lion Air sendiri berencana mengoperasikan 13 pesawatnya di BIJB. "Kami sudah benar-benar ready untuk terbang di tanggal 1 Juli nanti. Kita bahkan tidak menutup kemungkinan menambah flight kalau frekuensinya bagus," tuturnya.

Sementara untuk menginformasikan kepindahan rute penerbangan kepada calon penumpang yang sudah membeli tiket untuk keberangkatan 1 Juli dan setelahnya, pihak maskapai akan memberikan sosialisasi. Sosialisasi akan disampaikan melalui beberapa media, mulai dari pesan singkat, surat elektronik, hingga media sosial.

Harapannya, penumpang bisa mengetahui informasi kepindahan rute. Sehingga saat akan berangkat mereka harus menuju BIJB lebih dulu, bukan ke Bandara Husein Sastranegara.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler