Dukung Rute Baru dari Bandara Kertajati, Damri Siapkan Bus Gratis

Bandung - Perum Damri memberi dukungan penuh untuk pemindahan rute penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka. Sebagai bentuk dukungan, Damri menyiapkan bus gratis loh.

Bus itu akan mengangkut penumpang dari dan menuju BIJB dengan titik antar dan jemput di Bandung, Cirebon, Cikarang, dan Kuningan. "Untuk tahap pertama kita menyiapkan 20 armada. Itu sudah kita siapkan," kata General Manager Perum Damri Kota Bandung Mursalim.

Ia bahkan mengatakan jika Damri berencana menambah jumlah armada hingga 10 unit. Tapi, hal itu kemungkinan baru akan terealisasi akhir tahun.

Untuk armada gratis itu, Damri akan menyediakan selama dua jam sekali di BIJB dan di empat lokasi penjemputan atau keberangkatan. Di Bandung misalnya, titik penjemputan calon penumpang dilakukan di pool Damri yang terletak di Jalan Kebon Kawung.


Pengoperasian armada gratis itu tidak lepas dari dukungan BIJB. Sebab, pengelola BIJB memberikan bantuan operasional untuk mengoperasikan bus tersebut. Sejauh ini, Damri juga belum berbicara soal target untung dari operasional armada dari dan menuju BIJB. "Kalau bicara profit, kami belum masuk ke situ," ucap Mursalim.

Ia mengatakan, beroperasinya bus Damri gratis hanya akan berlaku selama sebulan yakni mulai 1 Juli 2019. Setelah itu, akan diberlakukan tarif. Tapi, hal itu masih perlu dibahas lebih lanjut dengan berbagai pihak terkait, termasuk besaran tarifnya. 

Jika memberlakukan tarif, Damri pun berencana menerapkan diskon besar. Hal itu untuk menutup biaya operasional yang tidak dibantu pihak BIJB. Sebab, bantuan operasional dari BIJB untuk Damri sejauh ini hanya untuk tahap awal. 

Foto: bijb.co.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler