Resmi Beroperasi 1 Juli, BIJB Siapkan 4 Hal Penting Ini

Bandung - TemanBaik, mulai 1 Juli 2019 Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati bakal beroperasi penuh nih. Jadi kebanggaan masyarakat Jabar, BIJB sudah mempersiapkan berbagai strategi jitu untuk memanjakan para penumpangnya.

Pada diskusi Era Baru Industri Aviasi di Tanah Pasundan, akhir pekan lalu, Direktur Utama Angkasa Pura 2 Muhamad Awaluddin menyebutkan sejumlah aspek penting yang sudah disiapkan BIJB. Selain aksesibilitas menuju Kertajati, terminal penumpang hingga fasilitas udara juga dinyatakan siap. Lebih lengkapnya, simak yuk apa saja hal pentingnya.

1. Kesiapan Udara
Saat ini infrastuktur runway atau landasan pacu BIJB sudah siap beroperasi sepanjang 3 ribu meter. Dengan standar ini, pesawat jet terbesar di dunia pun sudah bisa mendarat di sini loh TemanBaik. Ke depan, selain melayani penerbangan domestik, bandara ini sudah siap melayani perjalanan internasional, termasuk haji dan umrah.

Selain runway, Awaluddin juga menyatakan landing system di BIJB juga sudah matang. Mendaulat operator udara, Airnaf juga siap seluruh penerbangan dari dan menuju bandara Kertajati.

2. Kesiapan Terminal Penumpang
Enggak cuma luas dan megah loh TemanBaik, terminal penumpang di bandara seluas 9 hektare ini juga sudah didukung fasilitas yang serba digital. Jadi buat kamu yang sudah beli tiket pesawat buat keberangkatan di Husein Sastranegara, tenang ya tiket masih bisa digunakan di BIJB. 


Menjelang 1 Juli 2019, semua petugas bagian tiket di BIJB sudah siap melayani konfirmasi calon penumpang buat memastikan penerbangan mereka. Masa perpindahan ini juga enggak ribet loh TemanBaik, karena semua sistem sudah online dan tersimpan di data digital setiap maskapai. Aman kan?

3. Kolaborasi Antarmoda
Pada masa transisi ini, penumpang bisa menggunakan Bus Damri untuk menjangkau BIJB yang berada di Majalengka. Nah buat TemanBaik yang berasal dari Bandung, bisa juga menggunakan shuttle atau travel dari beberapa operator swasta.

Selain kedua moda itu, Awaluddin juga akan membuka kombinasi antarmoda seperti bus dan kereta api serta aplikator taksi online. Sementara menunggu Tol Cisumdawu selesai di 2020, seluruh kendaraan pengangkut menuju bandara juga sudah cukup ideal loh. Jadi kamu tinggal persiapan waktu lebih panjang saja ya saat mau naik pesawat.

4. Siapkan Dukungan Aerocity
Seperti yang sudah dipersiapkan sejak awal, di sekitar BIJB bakal dibangun Aerocity atau kota baru kedirgantaraan yang luasnya mencapai 3.450 hektare! Menurut Awaluddin, ke depan kota ini bakal diramaikan dengan berbagai fasilitas leisure dan bisnis terbaik.

Seperti halnya kota-kota lain di dunia, keberadaan bandara juga idealnya menjadi pendongkrak ekonomi di kawasan sekitarnya. Awaluddin menjelaskan, keberadaan Aerocity di Majalengka juga bakal mendukung kebutuhan transportasi, leisure di area Cirebon Raya, Bandung Raya serta Jakarta Megapolitan Area. 

Foto: Dini Yustiani
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler