Wah! PLN Bikin Inovasi Pemeliharaan Listrik Tanpa Pemadaman

Bandung - TemanBaik suka kesal saaat mendadak listrik mati? Pemadaman listrik rutin memang harus dilakukan PLN saat dilakukan pemeliharaan. Ini wajib dilakukan karena berkaitan dengan keamanan petugas.

Nah untuk meminimalisir adanya pemadaman begilir, PLN bikin gebrakan baru nih. Saat ada pasukan khusus loh yang 
melakukan pemeliharaan tanpa memadamkan aliran listrik atau dikenal dengan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). 

Hari ini sebanyak 18 tim PDKB dari 17 Area PLN se-Jawa Barat berkumpul di Purwakarta. Ada 197 personel PDKB yang bekerja tanpa harua memadamkan aliran listrik loh. Kalau dihitung, potensi jumlah listrik dalam satuan kilo Watt hour (kWh) yang terselamatkan setara dengan pendapatan senilai Rp 480 juta!

"Seiring dengan ekspektasi pelanggan yang semakin tinggi, kami akhirnya menurunkan tim PDKB untuk mempertahankan layanan listrik agar tak dipadamkan saat pemeliharaan. Tapi tetap saja keselamatan selalu menjadi perhatian utama meski pasukan khusus PLN bekerja tanpa memadamkan listrik," ujar General Manager PLN UID Jabae Iwan Purwana, Kamis (27/6/2019).

Iwan beecerita,  menjadi personel PDKB itu enggak mudah loh. Saat ini PLN tetap harus memegang komitmen untuk Zero Accident alias enggak boleh ada kecelakaan kerja, patuh pada SOP, Teamwork dan Profesionalisme.

"Kami berharap dengan kualitas keandalan jaringan listrik yang bagus, dapat menunjang perekonomian maupun pembangunan di tengah masyarakat," katanya.

Selama 2018, melalui kegiatan pemeliharaan jaringan listrik tanpa harus melakukan pemadaman, jumlah kWh yang diselamatkan oleh tim PDKB-TM PLN Disjabar sebesar 43.343.700,65 kWh atau setara dengan nilai pendapatan Rp 46,7 miliar!

Sebagai info nih TemanBaik, Tim PDKB-TM ini diistilahkan juga sebagai tim Sentuh Langsung yang dikenal piawai memperbaiki jaringan udara tegangan menengah (SUTM) dengan cara menyentuh langsung jaringan.

Kelebihan dari Tim PDKB-TM Sentuh Langsung ini dapat bekerja 3 kali lebih cepat daripada Tim PDKB-TM dengan metode berjarak atau menggunakan tongkat khusus dan tidak menyentuh langsung jaringan. Tapi semua standar keamanan harus dipenuhi ya," pungkasnya.

Foto PLN Disjabar
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler