Mahasiswa Poltekpar Palembang Buat Aplikasi E-Volunteer, Apa Itu?

Bandung - Untuk memudahkan penyelenggara event atau event organizer mencari tenaga kerja, mahasiswa Politenik Pariwisata (Poltekpar) Palembang membuat sebuah aplikasi yang dinamakan E-Volunteer.

Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap menjelaskan jika aplikasi ini fokus pada bidang manajemen event yang juga dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat mempermudah para calon volunteer untuk mencari pekerjaan, khususnya di bidang event.

Ia menjelaskan jika aplikasi ini menjadi bukti nyata sebagai concern mereka untuk mendorong lahirnya 10 persen wirausaha baru dari setiap lulusannya.

"Aplikasi yang dirancang oleh mahasiswa kami ini bertujuan untuk mempermudah EO dalam merekrut tenaga kerja yang sesuai dengan kompetensi dan skill yang dibutuhkan di setiap eventnya," ujarnya yang dilansir dari laman kemenpar.go.id

Adanya aplikasi E-Volunteer ini juga bisa membutuhkan penyelenggara yang membutuhkan Liaison Officer (LO). Nanti pengguna tinggal mencari dan mengumumkan saja melalui pencarian yang spesifik dengan menampilkan lampiran yang dibutuhkan.

Hal yang sama juga berlaku bagi pencari bekerja, kam hanya tinggal mengikuti step yang sama, hanya saja kamu diposisikan sebagai yang mencari pekerjaan.

Adapun mahasiswa yang merancang aplikasi ini adalah Sri Wulan D, Kantina Risna, dan Anastasia yang berasal dari jurusan Pengelolaan Konvensi dan Acara di Poltekpar Palembang.

Sri Wulan, salah satu yang membuat aplikasi ini menceritakan pengalamannya ketika direkrut oleh EO sebagai volunteer. Ia mengatakan jika kebanyakan dari penyelenggara tidak menjelaskan mengenai hak dan kewajiban dari masing-masing pihak.

"Kami memiliki keresahan terhadap hak dan kewajiban yang seringkali tidak sesuai dengan ekspektasi. Seperti deskripsi pekerjaan yang tidak sesuai, jadwal kerja yang melebihi kesepakatan, standarisasi fee, asuransi kerja, dan lain sebagainya," jelasnya.

Sri juga berharap kedepannya bisa ada investor yang mau mengembangkan aplikasi ini lebih serius lagi. Sehingga bisa lebih banyak membantu berbagai pihak yang membutuhkan kemudahannya.

"Kami berharap ada yang bersedia bersama-sama mengembangkan aplikasi ini demi mewujudkan harapan kami membantu banyak freelancer, volunteer, serta event organizer dalam proses perekrutan sumber daya yang berkompeten. Dan semoga kelak bisa menjadi market leader di bidang manajemen event," harapnya.

Foto: Kemenpar.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler