8 Kota di Indonesia Siap Gencarkan Program Zero Waste

Bandung - Setelah mengikuti kegiatan Zero Waste Academy, perwakilan lembaga dari 8 kota siap melaksanakan program zero waste di daerahnya masing-masing. Adapun perwakilannya sendiri berasal dari Denpasar, Gresik, Surabaya, Medan, Kepulauan Seribu, Cimahi, Bandung, dan Kabupaten Bandung.

Lembaga-lembaga yang menjadi peserta rangkaian kegiatan Zero Waste Academy di antaranya Ecoton (Gresik), PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup) Bali, Walhi Sumatera Utara (Medan), Divers Clean Action (Kepulauan Seribu), Walhi Jawa Timur (Surabaya), dan Gringgo (Bali).

Sebelumnya program Zero Waste Academy ini sudah digelar di negara Filipina dan Vietnam. Nah, untuk rangkaian kegiatannya di Bandung berlangsung dari 29 Juni-9 Juli 2019.

Kota Denpasar sendiri sangat mendukung program Zero Waste Cities karena Tempat Pembuangan Akhir di kotanya sudah kelebihan beban. Karena itu lah di Denpasar telah diberlakukan beberapa aturan pemerintah yang mendukung pelaksanaan program zero waste.

Baca Ini Juga Yuk: Kurangi Sampah Plastik dengan 5 Cara Mudah Ini Yuk!

"Pengelolaan sampah, menurut saya tidak bisa ditawar lagi mengingat sampah semakin banyak dan sudah merusak ekosistem. Kami dari PPLH Bali sangat siap menjalankan (program) di Denpasar dan LSM, termasuk desa dan kepala dusun. Sarana dan prasarana tidak menjadi kendala," kata Catur Yudha Hariani, Direktur PPLH Bali melalui keterangan tertulis.

Sementara itu, perwakilan dari Gresik, Tonis Afrianto menjelaskan bahwa selama ini masyarakatnya membuang sampah secara tercampur dari rumah dan dipilah secara terpusat di TPS 3R.

"Melalui program Zero Waste Cities ini kami akan berupaya untuk mengajak masyarakat untuk memilah sampah sumbernya," jelasnya.

Para peserta program Zero Waste Cities ini dijadwalkan akan bertemu dengan Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial pada Senin, 8 Juli 2019 di Balai Kota Bandung. Pertemuan ini bertujuan untuk memperlihatkan pentingnya kerja sama dan dukungan pemerintah kota untuk menjalankan program Zero Waste Cities. Di Bandung sendiri program ini lebih dikenal dengan nama Kang Pisman.

Pada tahun 2019 program Zero Waste Cities akan menambah lingkup kotanya ke Denpasar, dan Surabaya yang akan dijalankan oleh Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) serta Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton).


Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler