ITB Kembangkan Garuda Bike dengan Kombinasi Teknologi Ini

Bandung - Sepeda merupakan alat transportasi yang kerap digunakan untuk membantu mobilitas kita di luar rumah. Karena itu lah tak heran jika mulai banyak teknologi yang disematkan kepada sepeda untuk menunjang aktivitas mereka sehari-hari.

Adalah Garuda Bike sebuah bike sharing yang dikombinasikan dengan teknologi Internet of Things (IoT) yang dikembangkan oleh Laboratorium IoT dan Perkembangan Ekonomi Digital Institut Teknologi Bandung.

Garuda Bike sendiri mengkombinasikan teknologi IoT yang di antaranya GPS, sistem otomatis, dan alarm. Sepeda yang satu ini ditargetkan untuk digunakan pada area yang tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor, seperti kampus atau area khusus sepeda.

Nah, pada pelaksanaannya sendiri, Garuda Bike digunakan pada area tertentu yang sudah terhubungan dengan WiFi dan server yang bisa mengumpulkan data berupa aktivitas yang dilakukan selama kita bersepeda dalam bentuk Big Data.

Big Data tersebut kemudian dianalisis untuk nantinya menghasilkan beragam prediksi terkait kesehatan, pola kegiatan masyarakat, tingkat polusi udara, hingga prediksi bencana.

Baca Ini Juga Yuk: ITB Temukan Inovasi Pemulihan Tanah yang Tercemar Limbah Minyak

Dilansir dari laman itb.ac.id Project Manager Garuda Bike Taufiqurrahman Akman mengatakan jika Garuda Bike memiliki tiga sensor yang ketiganya bisa mengetahui banyak data yang dibutuhkan.

"Tiga tahap utama yang dilakukan Garuda Bike adalah sensing, understanding, dan acting. Kita gunakan sensor dulu kita analisir datanya, baru nanti bisa dipahami hasil datanya. Hasilnya bisa kita manfaatkan ke mana saja, Misalnya dengan tahu area mana saja yang biasa dilewati pesepeda, kita tahu area yang ramai sehingga cocok untuk berjualan makanan atau minuman," jelasnya.

Untuk pengembangkan jaringannya sendiri, Garuda Bike tengah melakukan tahap kerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Bandung dan provider seluler ternama di Indonesia.

Pada bulan Juli 2019 ini, Garuda Bike sudah siap untuk diuji coba dan dijual prototype-nya. Rencananya Garuda Bike akan mulai diuji coba untuk skala kampus di lingkungan ITB dan mulai menjalin kerja sama dengan pemerintah kabupaten Ambarawa.


Foto: Dok. Humas ITB


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler