58 Pramuka Jabar Berangkat ke Amerika dan Belanda

Bandung - Sebanyak 58 anggota Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat akan berangkat mewakili Indonesia di dua ajang internasional. Di sana, mereka akan mengenalkan berbagai kearifan lokal Jawa Barat.

Ajang pertama 24th World Scout Jamboree 2019, yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat dari tanggal 22 Juli – 2 Agustus 2019. Sementara ajang kedua Haalem Jamborette 2019 di Sparnwoude Recreational Area, Belanda, dari tanggal 24 Juli – 4 Agustus 2019.

Mereka dilepas Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa di di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (16/7/2019). Iwa mengapresiasi keberangkatan kontingen yang terdiri dari 58 pramuka terpilih tersebut. Harapannya kontingen pramuka Jabar dapat menggali ilmu dan pengetahuan dari dua ajang tersebut sehingga lebih siap menghadapi persaingan global yang keras.

Karena menurut Iwa dalam persaingan global penguasaan ilmu dan teknologi sangat menentukan, di samping mental baja untuk mengarungi kompetisi. "Yang memerlukan orang-orang yang berpengetahuan tinggi dan berjiwa pejuang," ujar Iwa dalam rilis yang diterima BeritaBaik.

"Nantinya para kontingen mampu menebarkan kebaikan yang berasal dari Jawa Barat lokal, terutama kearifan lokal. Terkait dengan budi pekerti, tolong menolong dengan sesama dan sikap ramah yang tidak menghilangkan ketegasannya," sambungnya.

Iwa meminta semua pengalaman dan ilmu kehidupan yang diserap selama beberapa hari penyelenggaraan dua ajang tersebut, agar nanti diketoktularkan kepada teman-teman dan keluarga di lingkungan terdekat.

"Sehingga bukan hanya dirinya yang maju, bukan hanya dirinya yang pintar dan cerdas karena telah berpengalaman di USA dan Belanda, tetapi juga bisa menularkan pengetahuannya. Maka secara bersamaan bagaikan gelombang kemajuan anak-anak muda kita di Jawa Barat," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat, Eka Haryanto mengatakan 24th World Scout Jamboree Amerika Serikat tepatnya berlokasi di The Summit Bechtel Family National Sout Reserve, West Virginia. Sementara kegiatan di Belanda akan bertempat di Sparnwoude Recreational Area.


Foto Humas Pemdaprov Jabar


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler