Keren! Polisi di Tanjung Pinang Belajar Menyulap Sampah Plastik

Tanjung Pinang - Ada hal keren yang dilakukan para polisi anggota Polres Tanjungpinang, Kepualauan Riau, nih, TemanBaik. Mereka berlatih mengelola sampah plastik agar menjadi produk yang lebih bernilai.

Pelatihan pengolahan sampah plastik itu digelar dalam kegiatan 'Workshop Ecobricker Edukasi Kelola Plastik Bekas Sekali Pakai' di Rupatama Polres Tanjungpinang, Selasa (16/7/2019). Mereka dilatih GEA Trainer Ecobrick Tanjung Pinang yaitu Hidra Armaja dan Suryadi.

Melalui pelatihan itu, para polisi diajarkan mengolah sampah plastik berupa botol plastik. Botol itu kemudian diisi penuh sampah anorganik hingga benar-benar keras dan padat. Setelah itu, botol plastik akan diolah hingga bisa menjadi bahan untuk pembuatan meja, kursi, tembok, hingga barang kesenian.

Baca Ini Juga Yuk: Kreasi Keren Warga Kepulauan Riau Menyulap Sampah Jadi Batako

Dengan cara itu, minimal para polisi di Tanjung Pinang bisa berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik. Dalam dampak lebih luas, ilmu mereka diharapkan ditularkan ke masyarakat. Sehingga, secara bertahap persoalan sampah, khususnya sampah plastik, diharapkan bisa diselesaikan.

"Pengelolaan sampah di negeri ini merupakan permasalahan klasik, sepele namun belum juga teratasi sepenuhnya," kata Kapolres Tanjung Pinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi di laman resmi Pemprov Kepulauan Riau.

Apresiasi diberikan Hidra Atmaja selaku trainer. Pelatihan yang dilakukan diharapkan benar-benar bisa diaplikasikan untuk pribadi dan lingkungan. Sebab, persoalan sampah harus mendapat atensi dan langkah dari berbagai pihak.

"Pengelolaan plastik bekas penting untuk menyelesaikan permasalahan sampah anorganik di perkotaan hingga di sudut kota," ungkap Hidra.


Foto: dokumentasi Diskominfo Kepulauan Riau

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler