Ridwan Kamil Bicara Soal Keberagaman di Peaceful Dialogue Inggris

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil belum lama ini menjadi pembicara dalam acara Peaceful Dialogue yang berlangsung pada Selasa (23/07/2019) lalu di Hotel Hilton Manchester Inggris.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini berkesempatan untuk berbicara mengenai keberagaman Indonesia. Tak hanya itu saja, ia juga memperkenalkan ideologi Pancasila.

"Kedatangan saya ke sini menjadi awal program saya untuk mengirimkan ulama dari Jawa Barat untuk menyebarkan pesan perdamaian ke Eropa," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kang Emil juga menyuarakan pendapatnya tentang radikalisme. Menurutnya cara terbaik untuk mencegah radikalisme adalah dengan memperbanyak dialog.

Selain itu, ia juga membicarakan soal gerakan Subuh berjamaah dan penguatan ekonomi umat melalui program One Pasantren One Product (OPOP).

Pada acara tersebut, turut hadir pula pemuda asal Pakistan yaitu Ahmad Nawaz (19). Ia merupakan salah satu orang yang selamat dari serangan teroris yang terjadi pada 2014 lalu.

Pemuda yang aktif menyuarakan antiradikalisme ini pun menceritakan apa yang dirasakannya saat mengalami penyerangan teroris yang merenggut 141 nyawa, yang 132 orang di antaranya adalah anak-anak.

"Saya tak bisa menolong mereka, saya pun terluka. Adik saya pun jadi korban, tapi orang tua saya menyembunyikannya saat saya sedang dirawat di rumah sakit," ungkapnya.

Walau pengalaman pahit sudah dilalui Ahmad, ia akan terus mengkampanyekan antiradikalisme ke sekolah-sekolah, sebab ia sudah bangkit dari pengalaman tidak enak yang menimpanya.

"Kita harus hentikan radikalisme, kita bisa. Saya percaya kita bisa memerangi ekstremisme," jelasnya.


Foto: Humas Pemprov Jabar


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler