Jika Beli Hewan Kurban, Jangan Lepas Label Sehatnya Ya!

TemanBaik ada yang merencana membeli hewan kurban untuk Iduladha nanti? Ada tipsnya nih jika kamu ingin membeli hewan kurban. Yang paling mudah adalah membeli hewan kurban dengan label sehat atau layak di sekitar lehernya. Label itu biasanya dipasang oleh petugas dari pemerintah daerah terhadap hewan kurban yang sudah diperiksa kesehatan dan kelayakannya.

Di Kota Bandung misalnya, ada 35 ribu label sehat dan layak yang sudah siap dipasang oleh petugas dari Tim Satgas Pemeriksaan Hewan Kurban Kota Bandung. Pemasangan label akan dilakukan jika hewannya sudah diperiksa, kemudian dinyatakan sehat dan layak jadi hewan kurban. Para petugas itu mulai bekerja hari ini dan akan menyebar ke 30 kecamatan se-Kota Bandung.

"Saya berharap mudah-mudahan dengan hadirnya tim ini bisa membantu masyarakat yang ingin (membeli hewan) kurban. Sehingga dipastikan hewannya itu sehat," kata Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Balai Kota Bandung, Senin (29/7/2019).


Jika TemanBaik membeli hewan kurban yang sudah berlabel sehat atau layak, jangan dilepas ya labelnya. Sebab, jika dilepas, bisa saja pedagang nakal memindahkan label itu terhadap hewan yang sakit. Jadi, pastikan label itu enggak pernah dilepas ya, termasuk saat dibawa pulang.

"Labelnya jangan sekali-kali dilepas pada saat hewan kurban dibeli. Jadi, label ini harus dibawa, karena khawatir kalau labelnya diambil (pedagang) bisa dipasang kembali ke hewan lain," ucap Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gingin Ginanjar.

Lalu, bagaimana jika label itu justru dipindahkan penjual hewan kurban ke hewan sakit untuk mengelabui pembeli? Cara itu bisa membuat pembeli terjebak membeli hewan kurban sakit. Ada antisipasinya kok agar hal itu enggak terjadi.

Petugas akan selalu melakukan monitoring dan pendataan terhadap hewan kurban di lapak-lapak para penjual. Hal itu untuk memberi kepastian dan ketenangan bagi calon pembeli agar mereka benar-benar membeli hewan kurban sehat dan layak.

Sementara itu, pemilik Pasar Sapi Domba Antapani Kota Bandung Thoriq Busthun mengatakan ada syariat yang harus dipenuhi untuk berkurban. Untuk kambing atau domba, usia minimalnya 6 bulan yang ditandai dengan tanggalnya gigi susu. Sedangkan usia sapi minimal 2 tahun.

"Pastikan juga sebelum beli ada cacat atau tidak hewan kurbannya," ungkapnya.

Ciri hewan sehat dan layak kurban adalah memiliki mata yang jernih, hidung cenderung lembab, tidak pincang atau memiliki kecacatan lain, serta nafsu makan yang baik. TemanBaik sudah tahu kan bagaimana cara membeli hewan kurban yang sehat dan layak? Selamat membeli hewan kurban ya!
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler