Mau Tahu Biaya & Kesulitan Operasi 'Pangkas Kulit' Arya Permana?

Bandung - Arya Permana (13) jadi contoh sukses pengidap obesitas agar kembali memiliki tubuh yang orang awam menyebutnya normal. Sebab, bocah asal Karawang, Jawa Barat, itu pernah memiliki berat badan hingga lebih dari 190 kilogram. Tapi, hebatnya, kini berat badan Arya sudah kurang dari 90 kilogram loh!

Enggak mudah untuk menurunkan berat badan sebanyak itu. Jelas perlu usaha keras dan biaya tak sedikit. Arya sendiri harus menjalani berbagai tindakan medis, salah satunya operasi pengecilan usus. Hal itu membuat nafsu makan Arya tak seperti dulu. Bahkan, ia justru akan mual jika makanan yang dikonsumsi kelewat batas.

Diet dengan menu khusus pun dijalani. Olahraga juga rutin dilakukan. Bahkan, Arya sering berolahraga di pusat kebugaran milik binaraga Ade Rai di Bandung dan dibimbing langsung Ade. Hasilnya, setelah sekitar 3 tahun, berat badannya tergolong turun drastis.

Sukses menurunkan berat badan, risikonya kulit yang sempat melar di tubuh Arya tak bisa kembali mengecil. Alhasil, kulit di beberapa bagian tubuh terlihat menggelambir. Operasi pemotongan kulit akhirnya dilakukan tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) beberapa hari lalu.

Bagian yang dioperasi adalah kulit pada kedua lengannya. Itu merupakan operasi tahap pertama. Sisanya, operasi akan dilakukan di beberapa bagian tubuh lain secara bertahap.

Operasi pun cukup rumit loh. Dengan ditangani tujuh dokter dari berbagai bidang keahlian, Arya dioperasi sekitar 5 jam. Butuh ketelitian dan keahlian khusus para dokter sehingga operasi bisa berjalan sukses. Setelah perawatan selesai, saat di rumah Arya juga harus dijaga kondisinya, terutama bekas operasi agar tidak mengalami infeksi.

Baca Ini Juga Yuk: Penampilan Arya Usai Operasi Kulit Pasca Alami Obesitas Ekstrem

Operasi 'pangkas kulit' ini sebenarnya bukan hal aneh. Operasi semacam ini sudah biasa dilakukan oleh di klinik kecantikan. Hasilnya, biasanya kulit akan terlihat lebih kencang. Ini biasanya dilakukan kepada pasien yang ingin kulitnya kembali terlihat kencang. Operasi ini juga sering dilakukan kepada mereka yang pernah mengalami kegemukan atau obesitas.

Ada yang penasaran berapa biayanya? Di setiap rumah sakit atau klinik, biaya operasi 'pangkas kulit' ini berbeda-beda. Tapi, khusus di RSHS yang merupakan rumah sakit pemerintah, biaya sekali operasi berkisar Rp30-50 juta.

Jumlah pasti biaya biasanya baru bisa diketahui setelah semua proses operasi dan perawatan selesai. Lalu, untuk Arya, berapa biaya operasi memangkas kulit pada kedua lengannya?

Setelah dihitung, biaya operasi, termasuk berbagai perawatan Arya mencapai Rp30.700.000. Beruntung bagi Arya, biaya itu tak harus dibayar keluarganya. Selain ditanggung BPJS, ada yayasan yang manggung biaya operasinya.

"Mengenai pembiayaan Arya, kami tidak meminta sepeser pun dari keluarganya. Semua sudah ter-cover, alhamdulillah ada penyandang dana (selain dari BPJS)," kata Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi, Senin (29/7/2019).

Secara umum, setiap orang yang ingin melakukan operasi itu pun berbeda-beda tahapannya. Ada yang bisa sekali-dua kali, tapi ada juga yang harus berkali-kali. Semakin banyak operasinya, akan semakin besar biayanya jika dikalkukasikan!

TemanBaik ada ingin mengikuti jejak Arya? Sudah siap dengan berbagai usaha, diet ketat, hingga uang banyak untuk operasi? Pikirkan baik-baik ya!

Foto: Oris Riswan Budiana

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler