Sampah di Makassar Bakal Dijadikan Sumber PLTSa dan PLTG

Bandung - Tidak dipungkiri memang jika perkembangan industri dan jumlah penduduk di Makassar terus bertambah dan meningkat setiap tahunnya. Karena itu, tidak heran jika ada banyak peningkatan sampah pula yang berakhir di TPA Tamangapa.

Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb belum lama ini turun langsung melihat bagaimana proses urai sampah di TPA Tamangapa.

Melihat keadaan itu, Iqbal menginginkan agar kondisi seperti ini segera dapat diatasi. Ia mengatakan akan memanfaatkan sampah di TPA Tamangapa menjadi sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG).

"Bulan Agustus mendatang, sesuai perintah dan amanat presiden, Pemerintah Kota Makassar akan melakukan market sounding. Dalam hal ini sebagai penekanan jumlah sampah akan diterapkan beberapa teknologi, seperti listrik dan gas yang diharapkan pengelolaan sampah dapat lebih efektif lagi selain adanya bantuan dari bank sampah yang saat ini sedang berjalan," ungkapnya yang dilansir dari laman makassarkota.go.id.

Menurutnya pengelolaan sampah ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Mengurangi (reduce), Menggunakan Kembali (reuse), dan Daur Ulang (recycle).

Iqbal merasa walaupun sudah ada bank sampah yang cukup membantu Kota Makassar dalam persoalan sampah, pihaknya ingin ada upaya lainnya untuk menangani permasalahan yang satu ini.

"Bank sampah memang sudah cukup membantu, namun kita tetap memperlukan upaya lainnya yang lebih efektif dan efisien," jelasnya.


Foto: makassarkota.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler