bank bjb Gandeng OJK Ajak Anak Muda Melek Literasi Keuangan

Bandung - Saat ini masih ada kelompok masyarakat yang memerlukan edukasi mengenai peran industri keuangan. Hal ini menjadi tantangan bagi setiap pihak yang terlibat dan terus mendorong peningkatan level inklusi dan literasi keuangan. Sebagai salah satu bentuk konkret dukungan terhadap literasi dan inklusi keuangan nasional, bank bjb menjadi partner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menyelenggarakan event bertajuk 'AkSiMuda Menabung untuk Semua 2019'.

Acara ini dihelat di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Thamrin, Jakarta pada Selasa (30/7/2019). Nampak hadir sekitar 1.200 peserta dari berbagai elemen pemuda di acara ini. Kegiatan ini menjadi ajang sosialisasi akbar pengenalan peran serta produk-produk keuangan perbankan kepada para anak muda yang akan menjadi harapan masa depan Indonesia.

Dalam kegiatan yang dihelat untuk menyambut Hari Indonesia Menabung tersebut, dilakukan juga 'Ikrar Mahasiswa dan Pemuda Indonesia Menabung'. Hal tersebut sebagai simbolisasi komitmen implementasi budaya menabung. Selain itu, dilakukan pula peluncuran Strategi Inklusi Keuangan bagi Pemuda, pengukuhan Duta Pemuda Inklusi Keuangan dan peluncuran materi seri literasi keuangan tingkat perguruan tinggi.

Acara ini makin semarak karena dimeriahkan oleh penampilan sejumlah selebritis muda Indonesia yang menginspirasi, di antaranya Umay Shahab, Febby Rastanty, Dodit Mulyanto dan HIV!. Panitia juga menyediakan berbagai doorprize menarik untuk dibawa pulang para peserta.

Sebagai salah satu agen pembangunan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap penetrasi inklusi dan literasi keuangan, bank bjb turut menyosialisasikan peran dan produk-produk keuangan perseroan yang didesain untuk memudahkan masyarakat merealisasikan rencana keuangan mereka. Beberapa produk yang sangat cocok dengan segmentasi pemuda ini ialah bjb Tandamata SiMuda dan SiMuda Investasiku.

Lewat keterangan tertulis yang diterima BeritaBaik, Direktur Information Technology, Treasury, dan International Banking bank bjb, Rio Lanasier mengatakan kalau bjb memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan cita-cita masa depan. "Kami memahami generasi muda adalah patron yang menentukan perubahan bangsa Indonesia di masa depan. Sebagai salah satu agen pembangunan, bank bjb memiliki tanggungjawab untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai elemen guna mewujudkan cita-cita masa depan yang lebih terang sebagai wujud komitmen bank bjb dalam memahami negeri," ujar Rio.

bjb Tandamata SiMuda adalah produk yang didesain khusus bagi mahasiswa dan pemuda bagi kelompok usia 18-30 tahun. Produk ini dilengkapi dengan fitur asuransi di mana nasabah bebas menentukan tujuan investasi untuk berbagai keperluan seperti pendidikan, wisata, biaya menikah, modal membeli huniah, kendaraan, pensiun dan lain-lain dengan Jangka waktu mulai dari 1-12 tahun.

Baca Ini Juga Yuk: Perkuat Digital Banking, Ini Sederet Platform yang Disiapkan bjb

Salah satu kelebihan bjb Tandamata SiMuda dibandingkan dengan produk sejenis ialah suku bunganya yang kompetitif sebesar 3,5 persen. bjb Tandamata SiMuda juga bebas biaya administrasi bulanan. Selain itu, nasabah juga akan diberi keleluasaan dalam menentukan setoran awal dan setoran bulanan yang diinginkan mulai dari Rp100.000 dengan kelipatan Rp100.000.

Para nasabah bjb Tandamata SiMuda juga mendapatkan kesempatan membawa hadiah menarik yang disediakan bank bjb berupa Playstation 4, Nintendo Switch, Go Pro 7 White, Apple Watch Series 4, Canon EOS M10 dan Fujifilm X-A20. Kesempatan mendapat hadiah itu berlaku untuk nasabah dengan jumlah setoran awal dan bulanan tertentu dengan tenor tabungan selama 1-10 tahun.

Syarat pembukaan rekening bjb Tandamata SiMuda juga cukup mudah, di antaranya usia saat pembukaan rekening 18-30 tahun. Kemudian menyerahkan copy e-KTP dengan memperlihatkan yang asli, serta nasabah wajib memiliki rekening tabungan perorangan. Tabungan yang dapat dijadikan rekening sumber dana antara lain: bjb Tandamata, bjb Tandamata Gold, bjb Tandamata Bisnis, Simpeda dan TabunganKu.

Sedangkan bjb SiMuda InvestasiKu adalah layanan installment reksa dana yang memberikan kemudahan pembelian produk reksa dana. Di peruntukan bagi nasabah perorangan golongan pemuda atau mahasiswa dengan fitur installment reksa dana yang dilengkapi perlindungan asuransi jiwa dengan skema asuransi mikro.

bjb SiMuda InvestasiKu memiliki ketentuan minimum pembelian dan penjualan kembali Rp100.000. Persyaratan yang diperlukan untuk mengikuti bjb SiIMuda InvestasiKu adalah e-KTP, NPWP (jika memiliki) dan pengisian formulir administratif.

Partisipasi aktif bank bjb dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan juga dilakukan dengan berbagai kegiatan lain yang diinisiasi perseroan. Seperti bank bjb yang konsisten menyelenggarakan Festival Inklusi Keuangan setiap bulan inklusi keuangan pada Oktober. Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti pelajar, agen bjb BiSA Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) dan nasabah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan para peserta Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Sebagai salah satu garda terdepan dalam hal sosialisasi, bank bjb mengandalkan agen Laku Pandai. Agen dengan call name bjb BiSA yang dimiliki bank bjb ini menjadi salah satu ujung tombak pengenalan produk-produkperbankan kepada masyarakat. Laku Pandai sendiri adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tanpa melalui jaringan kantor. Penyediaan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan pihak lain dan didukung penggunaan sarana teknologi informasi.

bank bjb bekerjasama dengan para agen yang berasal dari berbagai jenis profesi macam petani, nelayan, perangkat desa, pensiunan, guru, ibu rumah tangga, pedagang, bidan dan sebagainya. Tak hanya dalam bentuk perorangan, agen bjb BiSA ini juga bisa berbentuk badan hukum, seperti koperasi, kelompok tani atau nelayan, BumDes, perusahaan dan lembaga lain sesuai dengan ketentuan OJK. Agen bjb BiSA ini tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat dan daerah lain yang menjadi lokasi nasabah bank bjb.


Foto: dokumentasi bjb

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler