Asyik! Kamis Ini Gunung Tangkuban Parahu Sudah Bisa Dibuka

Bandung - TemanBaik ada yang ingin berwisata ke Gunung Tangkuban Parahu? Kabar baiknya, setelah ditutup untuk umum sejak Jumat (26/7/2019) sore akibat terjadi erupsi, Tangkuban Parahu siap dibuka kembali pada Kamis (1/8/2019).

Kepastian itu didapat setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggelar rapat di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (29/7/2019). Dalam rapat itu, hadir pihak pengelola, muspida Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang, pihak kepolisian, hingga TNI.

Tapi, ada syarat dari pria yang akrab disapa Emil itu. Ia meminta pihak pengelola melakukan perbaikan, khususnya dalam sistem evakuasi. "Intinya hari Kamis pagi (Tangkuban Parahu) sudah bisa dibuka dengan syarat perbaikan-perbaikan sistem evakuasi harus diperlihatkan besok," kata Emil, sapaan akrabnya.

Sistem evakuasi yang dimaksud adalah harus ada rute dan papan jalur evakuasi. Sehingga, jika sewaktu-waktu terjadi hal tak diinginkan, semua orang di lokasi bisa tahu harus ke mana menyelamatkan diri.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Alasan Jangan Takut Berlebihan dengan Erupsi Tangkuban Parahu

Secara khusus, ia juga meminta agar pengelola membuat Whatsapp Group yang beranggotakan muspida dan kepala desa dalam radius 5 kilometer dari Tangkuban Parahu. Sehingga, saat terjadi apa-apa, informasi bisa disampaikan dengan cepat ke masyarakat.

"Jangan seperti (saat kejadian erupsi) kemarin, banyak yang tidak tahu. Lebih banyak (masyarakat) tahunya dari viralisasi video. Kan begitu," ungkapnya.

Ia juga meminta tarif atau tiket masuk ke Tangkuban Parahu dievaluasi. Sebab, banyak pihak menilai harga tiket tergolong mahal. "Tiket harus dikaji ulang karena ada masukan terlalu mahal, khususnya untuk pengunjung asing," ucap Emil.

Sementara itu, Direktur Utama PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) Putra Kaban mengatakan rute dan papan jalur evakuasi sudah terpasang di lokasi. Tapi, untuk meyakinkan Emil, besok ia berencana mengirimkan foto-foto rute dan papan jalur evakuasi itu.

"Semua (foto) besok akan saya bawa ke sini sehingga nanti hari kamis pagi sudah bisa dibuka," jelas Kaban.

Ia pun menegaskan standar operasional prosedur (SOP) di lokasi sudah jelas. Sehingga, saat terjadi sesuatu, sudah ada sistem yang terbangun. Sementara khusus untuk harga tiket, ia menegaskan tak bisa menurunkan begitu saja. Sebab, kebijakan itu bukan diambil pengelola secara sepihak.


Foto: Tya Eka Yulianti

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler