Asyik! Januari 2020 Warga Garut Bisa Nikmati Fasilitas Kereta Api

Garut - Buat warga Garut yang sudah kangen naik kereta api, PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung memastikan kalau proses reaktivasi jalur lama dari Cibatu menuju Stasiun Garut bakal selesai Desember 2019.

Saat ini bangunan Stasiun Garut lama yang berdiri sejak 1889, lagi dipercantik lagi loh biar TemanBaik bisa lebih nyaman menikmati fasilitasnya. Selain perbaikan beberapa gedung heritage, pembersihan dan pembongkaran jalur sepanjang 19,5 meter juga tengah berlangsung.

"Sesuai dengan permintaan masyarakat Garut, kita akan selesaikan proses reaktivasi jalur kereta api dari Cibatu ke Stasiun Garut ini hinga akhir tahun. Setelah diujicobakan Desember, Insya Allah Januari-Februari sudah bisa dipergunakan fasilitasnya," ujar Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung Saridal kepada wartawan, Kamis (1/8/2019).

Saridal menceritakan, reaktivasi Garut ini berjalan mulus berkat dukungan warga sekitar. Meski sempat tertunda 85 hari karena jeda Pemilu, Ramadan dan Idulfitri, proses pembongkaran ternyata bisa dipercepat sesuai target waktu. 


Lanjutnya, seluruh material termasuk bantalan rel sudah disiapkan di Stasium Garut. Buat menghemat anggaran, jalur ini disepakati untuk menggunakan bantalan rel bekas yang sempat terpasang di jalur utara.

"Rel lama yang masih terpasang nanti diganti dengan bantalan bekas dari jalur utara. Tapi kondisinya masih bagus. Selain rel, kita juga ada penguatan beberapa jembatan karena nantinya tonase kereta api yang melintas bobotnya lebih berat," rinci Saridal.

Nah buat yang enggak sabar naik kereta api Cibatu - Garut - Purwakarta, awal 2020 kereta ini akan menetapkan keberangkatan 3 kali dalam sehari. Sementara ini sih kelasnya masih ekonomi ya biar semua kalangan bisa menjangkaunya.

"Saya pengin berterima kasih banget pada masyarakat Garut yang mendukung reaktivasi jalur Garut ini cepat terealisasi. Ke depan kita lihat dulu animonya, kalau dibutuhkan kereta api kelas eksekutif pasti akan kita tambah," pungkasnya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler