Mantap! Bali Jadi Tuan Rumah Forum Irigasi Dunia 

Jakarta - Bali bakal jadi tuan rumah di acara internasional loh, yakni 70th International Executive Meeting dan 3rd World Irrigation Forum (WIF). Acara tersebut akan membahas beragam tema terkait sumber daya air, khususnya irigasi.

WIF bertujuan untuk menyatukan semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam irigasi multi-disiplin dan semua skala. Termasuk pembuat kebijakan, pakar, lembaga penelitian, organisasi non-pemerintah dan petani. 

Sebelumnya, WIF2 diadakan di Chiang Mai, Thailand, November 2016 dengan tema 'Pengelolaan air dalam dunia yang berubah: Peran Irigasi untuk Produksi Pangan Berkelanjutan'. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 1.200 peserta dari 56 negara yang diambil dari berbagai disiplin ilmu. Seperti menteri, petani, akademisi, peneliti, komunitas, insinyur, pembuat kebijakan, industri dan manajer irigasi.

Kini, WIF 3 bakal digelar di Bali pada 1-7 September 2019 mendatang dengan tema 'Pengembangan keamanan air, pangan, dan nutrisi dalam lingkungan yang kompetitif’. Terdapat tiga sub-tema dalam acara WIF 3 kali ini. 

Sub tema pertama 'Mengaktifkan lingkungan kebijakan untuk air, makanan, dan energi'. Lalu 'Peran Masyarakat Sipil dan LSM dengan fokus pada petani dan fasilitas perluasan'. Dan, sub tema ketiga 'Meningkatkan produktivitas air pertanian dengan fokus pada transformasi pedesaan'.

Tidak hanya pertemuan menteri, di acara ini juga bakal digelar pameran internasional, program pelatihan, lokakarya, dan banyak lagi. Selain itu bakal ada destinasi tur juga loh di acara yang satu ini.

Salah satu destinasi tur di dalamnya adalah Konservasi Lanskap Subak Daerah Aliran Sungai (DAS) Pakerisan, Gianyar, Bali. Daerah Aliran Sungai ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

Menurut catatan, wisata sepanjang Daerah Aliran Sungai Pakerisan merupakan satu-satunya daerah kawasan Cagar Budaya di Kabupaten Gianyar yang paling padat populasi cagar budayanya. Mantap! 

Foto: Instagram.com/kemenpupr
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler