Alasan Kamu Tak Perlu Panik Saat Dekat Gunung yang Sedang Erupsi

Bandung - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Tangkuban Parahu dari Normal menjadi Waspada. Salah satu rekomendasinya adalah radius 1,5 kilometer dari pusat kawah diharuskan steril dari aktivitas dan keberadaan manusia.

Naiknya status itu karena aktivitas vulkanik di Tangkuban Parahu mengalami peningkatan signifikan. Sejak kemarin malam hingga dini hari tadi, tercatat terjadi delapan kali erupsi dengan ketinggian kolom abu tertinggi mencapai 180 meter.

Dengan naiknya status itu, warga enggak perlu panik. Sebab, jarak pemukiman warga yang terdekat adalah 5 kilometer. Lalu, bagaimana dengan wisatawan? Tangkuban Parahu sendiri hari ini sudah ditutup meski kemarin sempat dibuka.

Karena ditutup dan demi keamanan, sebaiknya wisatawan memang enggak datang dulu deh ke lokasi. Tapi, kamu masih bisa melintas di Jalan Raya Tangkuban Parahu-Ciater karena jarak dari pusat kawan lebih dari 2 kilometer.

Baca Ini Juga Yuk: Asyik! Kamis Ini Gunung Tangkuban Parahu Sudah Bisa Dibuka

Sebagai gantinya, kamu bisa mengunjungi tempat wisata lain di sekitar Tangkuban Parahu, tepatnya di kawasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. Kamu bisa main ke kawasan Lembang atau Ciater yang cukup banyak terdapat tempat wisata.

"Di luar radius 1,5 kilometer itu aman. Jadi masyarakat di sekitar Tangkuban Parahu dan wisatawan tidak ada masalah selama tidak mendekati radius 1,5 kilometer," jelas Kasbani.

"Belum ada rencana evakuasi karena jarak pemukiman penduduk cukup jauh. Tempat wisata lain juga (cukup jauh) sehingga masih aman dan itu enggak apa-apa," tuturnya.

Tapi, kamu harus tetap waspada ya. Salah satu yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan masker. Sebab, sebaran abu akibat erupsi bisa menyebar karena hembusan angin. Ikuti juga ya arahan dari pihak terkait jika sewaktu-waktu mereka mengeluarkan imbauan lain.

Alasan lain kenapa TemanBaik jangan panik adalah karena belum ada indikasi akan terjadi erupsi magmatik. Saat ini, potensi erupsi yang mungkin terjadi hanya mengeluarkan uap dan kolom abu. Tetap tenang, ya TemanBaik!


Foto: Oris Riswan Budiana

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler