Aksi Baik Indonesia Bantu Panama Manfaatkan Tanaman Bambu

Bandung - Sama seperti Indonesia, di Panama, Amerika Tengah tanaman bumbu banyak tumbuh di sana. Wilayah dan alamnya sendiri bisa dibilang menyerupai Indonesia, sebab terdapat beberapa tanaman dan tumbuhan yang juga ada di tanah air.

Namun, masyarakat Panama menganggap jika tanaman bambu tak memberikan manfaat sama sekali. Oleh karena itu lah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Panama. Costarica, Nicaragua, dan Honduras bersama Universidad De Panama menggelar pelatihan dan pengenalan manfaat bambu lewat Workshop Bambu Indonesia bagi masyarakat di Bocas del Toro, Changuinola yang bekerja sama dengan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) pada 23-27 Juli lalu.

M. Zaini Alif selaku Ketua Tim memaparkan perihal "Bambú Uniendo Naciones" yang dilanjutkan dengan diskusi mengenai varietas bambu yang ada di daerah tersebut. Juga berdiskusi tentang bagaimana melakukan pengawetan terhadap bambu.

"Pada hari kedua kami melakukan workshop cara memilih bambu, menebang bambu, memelihara hutan bambu, hingga teknik sederhana mengawetkan bambu. Kami juga mengajarkan mereka bagaimana menebang, memotong, dan memilih bambu hingga akhirnya bambu tersebut bisa mereka bawa sendiri," tutur Zaini.

Di hari-hari berikutnya, para peserta juga banyak melakukan kegiatan lainnya mulai dari membelah, memilah, meraut, sampai membuat anyaman dasar dari bambu atau anyaman sasag.

"Mereka menyebut juga anyaman sasag sebagai salah satu jalan untuk mengenal budaya bambu Indonesia. Menurut mereka, anyaman ini memberi banyak peluang pengembangan bentuk dan desain," ujar Zaini.

Setelah melalukan workshop selama 5 hari, para peserta kemudian diharus membuat pameran karya dari bambu yang telah mereka buat. Mulai dari craft, furniture, hingga instrumen musik bambu.

"Setelah pelatihan selesai beberapa dari peserta menyampaikan bagaimana mereka menjadi terbuka pemikirannya. Hingga akhirnya jadi memotivasi para peserta untuk mengembangkan bambu di Panama," jelasnya.

Zaini juga menyarankan agar para peserta membentuk komunitas bamboo di Panama yang diberi nama Familia Bambu Panama yang berada di bawah Universidad de panama dan KBRI dengan penguatan kerja sama antara Universidad De Panama dengan Institut Seni Budaya Indonesia.


Foto: KBRI Panama


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler