E-Retribusi Diterapkan untuk Pedagang Pasar di Demak

Demak - Kemudahan teknologi membuat segalanya kini bisa dilakukan hanya bermodalkan smartphone saja, termasuk pembayan retribusi. Sekarang Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Demak sudah mulai menerapkan E-Retribusi bagi pedagang pasar yang ada di wilayah tersebut.

Adanya E-Retribusi membuat para pedagang kini tidak usah lagi membayar secara tunai, namun bisa melakukannya melalui non tunai lewat semacam kartu elektronik. E-Retribusi juga memberikan fasilitas kepada pedagang pasar agar tidak kesulitan membayar retribusi.

Baca Ini Juga Yuk: 3 Aplikasi yang Sedang Dikembangkan Peneliti LIPI, Apa Saja Ya?

"Melalui kartu elektronik yang diperuntukkan untuk pedagang pasar ini, retribusi sektor pelayanan pasar dapat terpungut dengan lebih efektif, efisien dan transparan." katanya Bupati Demak HM. Natsir lewat keterangan resminya di laman jatengprov.go.id.

Ke depannya, ia berharap E-Retribusi bisa dilakukan secara merata di semua pasar. Sebab saat ini baru bisa dilakukan oleh pedagang di Pasar Bintoro dan Pasar Karanganyar saja.

Sistem yang satu ini akan mulai diberlakukan mulai 1 September 2019 mendatang. Nanti setiap harinya akan ada petugas yang bertugas menarik retribusi dan pedagang menempelkan kartu elektronik semacam kartu ATM pada perangkat yang dibawa oleh petugas.


Foto: Humas Demak

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler