Akademi Persib Berjuang Buat Kado HUT Kemerdekaan RI di China

Bandung - Akademi Persib Bandung U-17 punya kesempatan langka mewakili Indonesia dalam turnamen sepakbola Future Cup 2019 di China pada 8-16 Agustus 2019. Akademi bentukan Persib Bandung ini jadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang tersebut.

Total, ada 32 tim yang berasal dari berbagai negara, yaitu Rusia, Korea, Thailand, Malaysia, hingga Jepang. Tim yang tampil adalah akademi milik klub sepakbola dari negara masing-masing.

"Turnamen ini sudah 5 tahun berjalan dan ini untuk pertama kali tim dari Indonesia tampil. Indonesia sebenarnya ada dua yang diundang, kita dan Borneo FC. Tapi Borneo FC mengundurkan diri. Tapi kita tetap ambil satu slot itu," ujar pelatih Akademi Persib U-17 Ridwan Firdaus Ansori di Stadion Persib, Kota Bandung, Selasa (6/8/2019).

Akademi Persib U-17 sendiri berkekuatan 15 pemain. Jumlah itu tergolong minim untuk mengikuti turnamen sepakbola. Apalagi, permainan berjalan normal alias memainkan 11 orang di lapangan.

Tapi, minimnya jumlah pemain tidak membuat tim surut untuk berjuang. Sebagai pelatih, Ridwan juga sudah menyiapkan beragam strategi dan rotasi pemain.

Yang membuatnya sedikit lebih lega, para pemain sudah terbiasa bermain lebih dari satu posisi. Sehingga, saat ada pemain yang berhalangan tampil, pemain lain siap menggantikan meski posisi naturalnya berbeda.

Baca Ini Juga Yuk: Fabiano Beltrame, Pesepakbola Brasil yang Cinta Indonesia

Tampil di ajang internasional itu, Ridwan mengaku tidak membebani anak asuhnya target tinggi. Harapannya agar pemain bisa tampil lepas tanpa menanggung beban di pundaknya. Ia hanya ingin para pemain mendapat pengalaman berharga agar kualitasnya semakin meningkat.

Meski begitu, bukan berarti tim akan leha-leha. Perjuangan maksimal tetap siap dikerahkan loh. Tim akan berjuang dan memaksimalkan kesempatan menjadi juara. Jika terwujud, itu akan jadi kado manis untuk hari ulang tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita enggak ada target khusus. Tapi ketika ada kesempatan (menjadi juara) kita ingin berprestasi dan ingin menjadikan hadiah juga untuk (HUT Kemerdekaan) Indonesia," tutur Ridwan.

Sementara sebelum bertolak dari Bandung siang ini, tidak ada prosesi meriah. Mereka lebih memilih melakukan kegiatan sederhana yaitu doa bersama sebelum berangkat.

TemanBaik doakan juga ya agar tim ini bisa meraih prestasi manis di China dan menjadi kado untuk HUT Kemerdekaan RI. Selamat berjuang Akademi Persib U-19!


Foto: Oris Riswan Budiana

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler