Begini Syarat dan Kriteria Orang Bisa Dapat Status Veteran

Bandung - TemanBaik pasti sudah enggak asing lagi dengan sosok veteran. Mereka adalah para pejuang, baik saat meraih kemerdekaan maupun mempertahankannya. Tapi, tahu enggak ternyata tidak mudah loh untuk bisa menyandang status sebagai veteran? Yuk, simak ulasannya!

Wakil Ketua Umum DPD LVRI Jawa Barat Kolonel (Purn) H. Hidayat Kusumanegara mengatakan veteran itu bukan hanya sebutan untuk tentara. Rakyat atau sipil juga bisa menyandang status veteran. Yang penting pernah ikut dalam suatu operasi atau pertempuran. "Tidak mudah untuk jadi veteran, ada waktu dan prosesnya," kata Hidayat kepada BeritaBaik.id.

Untuk bisa jadi veteran, seseorang harus mendaftar di Kantor Administrasi Veteran di masing-masing daerah. Syarat utamanya, calon veteran harus bisa memperlihatkan surat perintah pemberangkatan ke daerah operasi. Surat perintah kembali dari daerah operasi juga harus dimiliki.

"Jika dia tidak bisa menunjukkan surat itu, sudah tertutup untuk bisa jadi veteran walaupun pada kenyataannya dia pernah berjuang," ungkapnya.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal 4 Jenis Veteran yang Terdapat di Indonesia

Tidak cukup surat perintah, calon veteran juga harus punya saksi. Saksi itu akan memberi kesaksian atau membenarkan bahwa yang bersangkutan pernah ikut berjuang. Setelah itu, ada beberapa proses lain hingga akhirnya seseorang berhak menyandang status veteran yang dikuatkan dengan keluarnya surat keputusan.

Setelah status veteran didapat, apa sih manfaatnya bagi mereka? Mereka akan mendapat tunjangan dari pemerintah kisaran Rp1,8 juta hingga Rp2,4 juta per bulan. Selain itu, ada manfaat lain yang bisa dirasakan, di antaranya diskon 50 persen tiket kereta di hari biasa serta membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) hanya 25 persen.

Tapi, ada tanggung jawab juga loh yang harus dilakukan seseorang setelah berstatus veteran dan jadi anggota LVRI. Yang paling utama adalah mewariskan semangat perjuangan kepada generasi muda. Veteran juga harus berpartisipasi dalam pembangunan dengan berbagai cara. Yang tidak kalah penting adalah memperjuangkan kesejahteraan anggota LVRI.

"Secara organisasi, LVRI di Jawa Barat ini ada sampai tingkat kecamatan. Saat ini, jumlah anggota LVRI Jawa Barat ada sekitar 17 ribu orang," tutur Hidayat.


Foto: Djuli Pamungkas/BeritaBaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler