Penumpang Kereta Api Boleh Bawa Sepeda Loh, Ini Syaratnya

Bandung - Selain lari, olahraga bersepeda alias gowes memang lagi jadi tren nih TemanBaik. Sebagai dukungan gaya hidup sehat, mulai 30 Juli 2019 PT Kereta Api Indonesia memperbolehkan para penumpang untuk membawa sepedanya ke dalam kereta api. Mau tahu syaratnya?

Manajer Humas KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, ada beberapa syarat penting yang aturannya wajib dipatuhi para penumpang. Tujuannya sih biar perjalanan tetap nyaman dan enggak bikin kamu repot. Simak ya, ini ketentuannya.

1. Perhatikan Bobot dan Ukuran Sepeda
Namanya juga kereta api ya TemanBaik, ruangnya sangat terbatas dan harus berbagi adil dengan penumpang lain. Jadi KAI menetapkan, jenis sepeda yang diperbolehkan naik hanya sepeda lipat dengan ketentuan berat maksimal 20 kg dan ukuran roda maksimal 22 inci.

Sepeda lipat yang kamu bawa, harus disimpan di dalam kereta penumpang. Kita juga enggak diperkenankan menyimpannya di dalam kereta makan atau di sambungan antarkereta.

Baca Ini Juga Yuk: Siap-siap! Kereta Hidrogen Bakal Segera Beroperasi di Indonesia

2. Simpan Sepeda dengan Rapi
Adapun terkait teknis penyimpanannya, kamu juga harus perhatikan loh. Menurut Noxy, sepeda lipat harus dalam keadaan terlipat dan dimasukkan ke dalam bagasi atau ruang kosong di sekitar kursi masing-masing penumpang. Tapi yang enggak kalah pentingnya, penyimpanan harus diatur sedemikian rupa agar gerbong kereta enggak ada yang rusak atau mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Aturan yang sama juga berlaku untuk KRL Commuterline, KA Bandara, dan LRT Sumatera Selatan. Khusus moda commuterline, sepeda yang dilipat harus masuk dalam dimensi maksimal 100 x 40 x 30 cm. Jadi perhatikan baik-baik ya.

3. Gunakan Kalog Sebagai Alternatif
Kalau TemanBaik pengin bawa sepeda di luar sepeda lipat ke dalam gerbong kereta api, kamu dapat menggunakan layanan angkutan barang l kereta api yang khusus buat mengangkut kendaraan. Namanya KA Logistik atau Kalog. Kalog menyediakan layanan pengiriman sepeda dengan berbagai tujuan di sepanjang Pulau Jawa dan Bali.

Selain melayani pengiriman station-to-station, Kalog juga menawarkan kemudahan dengan layanan door-to-door atau antar pintu loh. Jadi cara ini bikin pelanggan lebih mudah dan nyaman menitipkan sepedamya.

Untuk tarif pengiriman sepeda, harganya bervariasi ya tergantung dari jarak pengiriman yang ditentukan berdasarkan kota asal dan kota tujuan. Kalau kamu butuh informasi lebih lanjut terkait pengiriman sepeda dapat menghubungi Kalog Express di hotline 021-31922299.


Foto: dokumentasi KAI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler