Jakarta Siap Jadi Tuan Rumah Ajang Balap Mobil Listrik 2021

Yogyakarta - Beberapa waktu lalu, Gatot S. Dewa Broto selaku Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) menerima audiensi dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Achmad Firdaus di ruang kerjanya, tepatnya di lantai 3 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Pertemuan tersebut dalam rangka pembahasan kejuaraan Formula E yang akan diselenggarakan di DKI Jakarta pada tahun 2021. "Kami sangat mengapresiasi gagasan penyelenggaraan Formula E ini," ujar Gatot selaku Sesmenpora usai bertemu Kadispora DKI, Achmad Firdaus di laman kemenpora.go.id.

Sedikit gambaran mengenai Formula E yang bernama resmi FIA Formula E Championship yaitu balap mobil kursi tunggal yang menggunakan energi listrik. Kejuaraan tersebut digagas pada tahun 2012, dan musim perdananya dimulai di Beijing pada bulan September 2014. Kejuaraan Formula E disetujui oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA). Pendiri dan CEO Formula E Holdings adalah Alejandro Agag.

Pertemuan tersebut juga sebagai penyampaian surat Gubernur DKI Jakarta kepada Menpora mengenai rekomendasi terkait penyelenggaraan balap Formula E yang rencananya akan dilaksanakan pada musim tahun 2021 mendatang. Terkait anggaran lanjutnya, pihak DKI Jakarta akan menggaet beberapa sponsor dan melalui anggaran daerah. "Pak Menpora sudah tanda tangan sebelumnya. Dananya dari APBD DKI Jakarta dan sponsor tentunya," papar Gatot.

Baca Ini Juga Yuk: Mantap! Bali Jadi Tuan Rumah Forum Irigasi Dunia

Meskipun penyelenggaraan kejuaraan Formula E masih dua tahun lagi, namun persiapan DKI Jakarta akan segera dimulai di tahun 2020. Gatot menambahkan, "Semua tetap akan dikoordinasikan, tidak hanya dengan pihak terkait, tapi juga kepolisian dan pihak internasional yang menanungi Formula E. Persiapannya fix tahun 2020 dan tahun depannya tinggal pelaksanaannya saja".

Mengenai rute yang akan dilalui pada balap Formula E, Achmad Firdaus bertutur, "Masih dalam pembahasan lebih detail, wacananya di beberapa jalan protokol tertentu.”

Kejuaraan Formula E biasanya diperebutkan oleh sebelas tim dengan masing-masing dua pembalap. Olahraga yang berkembang pesat tersebut menampilkan mobil balap bertenaga listrik yang memiliki kemiripan dengan mobil non-listrik Formula Satu atau F1. Balapan berlangsung di sirkuit jalan raya yang panjangnya 1,9 hingga 3,4 kilometer.



Foto: raiky/kemenpora.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler