Cerita Penting di Tanggal 15 Agustus Bagi Indonesia, Ada Apa Ya?

Bandung - TemanBaik pasti sudah tahu kan kemerdekaan Republik Indonesia terjadi pada 17 Agustus 1945? Itu jadi salah satu tanggal penting dan sarat sejarah bagi seluruh rakyat Indonesia. Tapi, ternyata ada tanggal lain yang tak kalah penting loh, yaitu 15 Agustus 1945. Tanggal ini sangat penting untuk perjalanan menuju kemerdekaan Indonesia.

Ada apa ya di tanggal tersebut? 15 Agustus 1945 adalah akhir dari Perang Dunia II. Perang ini ditandai dengan menyerahnya Jepang kepada Sekutu. Itu terjadi setelah Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945). Apa hubungannya dengan kemerdekaan Indonesia?

"Setelah Jepang menyerah, terjadi vacuum of power atau kekosongan kekuasaan di Indonesia," kata pegiat sejarah yang juga Penanggung Jawab Sakola Ra'jat Iboe Inggit Garnasih.

Jepang sendiri yang sebelumnya menguasai dan menjajah Indonesia, akhirnya tak punya hak lagi di Indonesia. Tapi, Jepang tak langsung meninggalkan Indonesia yang sebelumnya dikuasai Belanda selama 350 tahun. Meski begitu, Jepang tak punya kuasa apapun atas Indonesia.

Karena kalah dalam perang, konsekuensinya Jepang ditugaskan untuk menjaga status quo Indonesia dalam kurun 15 Agustus 1945 hingga September 1945. Sebab, saat itu tentara Sekutu sedang dalam perjalanan ke Indonesia untuk mengambilalih kekuasaan.

Di sinilah kemudian kenapa 15 Agustus 1945 menjadi sangat penting dan menentukan bagi kemerdekaan Indonesia. "Saat terjadi kekosongan kekuasaan ini dimanfaatkan oleh para pejuang saat itu untuk memerdekakan Indonesia," ungkap Gatot.

Ir. Soekarno dan para pejuang saat itu sebenarnya sudah dijanjikan akan diberikan kemerdekaan oleh Jepang pada 24 Agustus 1945. Tapi, para pejuang lain saat itu tak setuju jika kemerdekaan dideklarasikan sesuai janji dari pihak Jepang.

"Para pejuang saat itu tidak mau (deklarasi kemerdekaan pada 24 Agustus) karena terkesan kemerdekaan itu pemberian, bukan hasil perjuangan," jelasnya.

Setelah itu, terjadi Peristiwa Rengasdengklok yang dilakukan sejumlah pemuda dari perkumpulan 'Menteng 31'. Dalam peristiwa itu Bung Karno dan Bung Hatta diculik dan dibawa ke Rengasdengklok, Karawang. Di sana, para pejuang muda mendesak pejuang senior, di antaranya Bung Karno dan Bung Hatta, untuk mempercepat deklarasi kemerdekaan Indonesia.

Singkat cerita, akhirnya disepakati deklarasi kemerdekaan Indonesia adalah 17 Agustus 1945 dan benar-benar dilakukan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Itu merupakan rumah Bung Karno. Sementara teks proklamasi kemerdekaan disusun di Rengasdengklok, tepatnya di rumah Djiaw Kie Siong.

Setelah itu, Indonesia akhirnya benar-benar merdeka. Tak ada lagi penjajahan di Indonesia sejak saat itu hingga kini. Saat ini, TemanBaik pun menikmati hasilnya kan?
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler