Menuju Terbang Perdana, Intip Dulu CN235 FTB Buatan PTDI Ini

Bandung - Di bulan kemerdekaan ini, PT Dirgantara Indonesia (PTDI) punya kado spesial ini untuk Indonesia. Tepatnya pada hari ulang tahunnya pada 23 Agustus mendatang, BUMN pertahanan ini bakal menerbangkan perdana pesawat CN235 FTB (Flying Test Bed). Keren!

Awal Agustus lalu, CB235 FTB sempat menjalani swing compass atau persiapan terakhir ya TemanBaik. Kalau enggak ada halangan, kita semua akan melihat pesawat kebanggaan ini melesat di angkasa.

Asisten Manajer Komunikasi Eksternal PTDI Kerrry Apriawan bercerita, pesawat CN235 FTB punya lima fungsi ciamik. Pertama berperan sebagai aircraft development, lalu crew development, training, system development dan terakhir buat keperluan promosi.

"Fungsi yang paling istimewa dari pesawat ini adalah perannya sebagai system development. Rencananya, CN235 akan dikembangkan sebagai Gunship atau pesawat yang dipersenjatai. Bagian ini yang termasuk dari system development,” ujar Kerry kepada BeritaBaik, Kamis (15/8/2019) di Bandung.

Baca Ini Juga Yuk: PT DI Bawa Pesawat Ini dalam Pameran di Malaysia, Mau Tahu?

Kerry bercerita, ke depan CN235 FTB juga akan difungsikan PTDI untuk mempromosikan pesawat kepada para customer. Di berbagai event kedirgantaraan lokal hingga internasional, pesawat ini pun bakal dipamerkan keandalannya. Targetnya sih agar publik terpincut dengan pesawat unik buatan asli Indonesia ini.

"Perlu diketahui, CN235 FTB dibangun sebagai varian terakhir atau dikenal sebagai seri 220. Pesawat ini telah menerapkan winglet di ujung sayapnya yang membuatnya makin ekonomis dadi sisi bahan bakar," tambahnya.

Menelisik dapur pacunya, pesawat ini juga telah membenamkan mesin jenis turboprop General Electric CT7-9C3 yang performanya mumpuni. Lanjutnya, tenaga pesawat ini jauh lebih prima, karena teknologinya menggantikan mesin model lama versi CT7-7A yang digunakan pada CN235-110.

Sedikit mengamati kemolekannya, pesawat CN235 FTB didesain dengan livery berwarna dasar putih dengan penegasan grafis merah bagaikan bulu kepak sayap Garuda. Sementara pada sirip tegak bagian ekor, terpampang logo PTDI berukuran besar. Menilik tampilan keseluruhan. Tongkrongan CN235 FTB ini memang sangat gagah dan perlente.

"Sejauh ini, keberadaan CN235 FTB masih berupa basic aircraft. Kita lihat saja nanti," pungkasnya.


Airspace review/humas ptdi
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler