Meriahkan HUT RI, Pegawai Rumah Sakit di Bandung Ini Pakai Kostum

Bandung - Ada hal berbeda dari suasana di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung pada Kamis (15/8/2019) ini. Di salah satu lobi gedung, tepatnya di Paviliun Parahyangan, para karyawan RSHS, mulai dari dokter, perawat, hingga pegawai bagian administrasi berpakaian unik.

Ada yang memakai seragam coklat ala veteran, berpakaian ala TNI, memakai baju robek seperti habis bertempur, seragam Paskibra, hingga ada yang membawa bambu runcing. Kenapa ya mereka berpenampilan seperti itu di rumah sakit?

Ternyata pakaian nyentrik itu dipakai khusus untuk mengikuti lomba baca puisi. Lomba itu adalah salah satu rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Meski lombanya berskala internal RSHS, tapi mereka tetap berusaha tampil total untuk memeriahkan suasana.

Ida Agustina (41) misalnya, perawat yang bekerja di RSHS sejak tahun 2000, ia tampil dengan seragam TNI. Ia pun dengan lantang membacakan puisi bertema perjuangan para pahlawan di masa lalu.

Bagi Ida, ikut dalam lomba itu jadi kesempatan untuk menyalurkan hobinya sejak kecil. Sehingga, begitu tahu ada lomba baca puisi, ia langsung mempersiapkan diri dan membuat puisi. Seragam ala TNI pun sengaja ia pakai. "Ini kan tema puisinya seputar perjuangan. Saya pakai kostum ini seolah-olah pahlawan waktu berjuang zaman dulu," kata Ida.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal 4 Jenis Veteran yang Terdapat di Indonesia

Para peserta dalam lomba baca puisi itu ada sekitar 60 orang. Meski berlatar belakang pegawai rumah sakit, ternyata mereka berbakat juga loh dalam urusan membuat dan membaca puisi. Bahkan, mereka tak malu untuk berteriak hingga menangis saat membacakan puisinya. Merinding deh jika TemanBaik melihat secara langsung bagaimana cara mereka membaca puisi!

Sementara selain lomba puisi, RSHS juga menggelar berbagai lomba lainnya hingga beberapa hari ke depan. Ada lomba balap karung, lomba memasukkan pulpen ke dalam botol, hingga balap bakiak. Bahkan, ada juga pameran foto karya para pegawai hingga bazar murah. Tapi, yang istimewa adalah lomba baca puisi karena tak pernah digelar selama RSHS memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Jika para pegawai RSHS ikut dalam lomba, bagaimana ya pelayanan terhadap pasien di sana? Tenang, hal itu tidak terpengaruh kok. Sebab, panitia sudah mengatur jadwal kegiatan agar tidak mengganggu jam kerja mereka dan pelayanan di RSHS.

"Jadi untuk pelayanan tetap berjalan seperti biasa. Untuk lomba juga kebanyakan di luar jam kerja, jadi tidak mengganggu pelayanan," ujar Direktur Umum dan Operasional RSHS Muhammad Kamaruzzaman.

Ia juga memastikan arus lalu lintas pasien yang masuk atau keluar tidak terganggu. Sebab, area kegiatan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI bukan di jalur utama. Bahkan, area perlombaan lebih banyak memakai lapangan tempat biasa para pegawai melaksanakan upacara.

"Posisinya bukan di area pelayanan, tapi lebih banyak di dekat bagian administrasi," jelas Kamaruzzaman.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler