2 Penulis Indonesia Bakal Tampil di Beijing IBF 2019

Jakarta - Semakin hari semakin banyak saja penulis asal Indonesia yang bisa melambungkan namanya hingga ke pentas internasional. Kali ini juga ada kabar baik lagi nih buat kamu, sebab penulis Ratih Kumala dan Sindhunata dipastikan bakal tampil di ajang  Beijing International Book Fair (BIBF) 2019 yang digelar pada 21-25 Agustus di China International Exhibition Center Shunyi, Beijing.

Pada gelarannya tahun ini, akan ada lebih dari 2.500 peserta pameran dari 95 negara dan wilayah yang berpartisipasi. Sebelumnya penulis asal Indonesia lainnya yakni Agustinus Wibowo juga pernah tampil di acara ini loh. Ia jadi penulis dari tanah air pertama yang berbicara di ajang internasional ini. 

"Berita bagusnya, Indonesia sudah ada di peta sastra dunia. Walaupun masih berupa titik. Book Fair atau Book Festival inu jadi salah satu cara agar sastra Indonesia lebih dikenal lagi," tutur Ratih Kumala lewat keterangan resminya yang dikirim pada BeritaBaik.


Ia juga menjelaskan jika sejak mengikuti  2015 sampai sekarang fokusnya masih sama, yaitu tidak cuma memperkenalkan buku-bukunya saja, tetapi juga sastra Indonesia secara general. 

"Saya ingin orang tahu, bahwa sastra Indonesia itu menarik untuk dibaca, dan buku saya hanya salah satu dari banyak buku lain yang juga berkualitas dan patut diperhitungkan," jelasnya. 

Ratih Kumala dan Sindhunata bakal dijadwalkan untuk mengisi beberapa sesi BIBF 2019. Pada Rabu (21/8/2018), Sindhunata akan berbicara mengenai topik "Stories from Indonesia: The Truth behind Coconut Tree, Firefly and White Sandy Beach" di Writer’s Salon, Hall W3 AOI BIBF. 

Di tanggal yang sama, Ratih juga akan mengisi Literature Night dengan pembacaan novel 'Cigarette Girl' yang diiringi pertunjukkan musik di JIC Book Store. 

Selanjutnya, keduanya akan hadir pula pada Book Talk "Literature from the East: What We Talk About When We Talk About Indonesian Literature" yang bertempat di The Bookworm Beijing, pada hari Jumat (23/8/2019) pada pukul 19.00 waktu setempat.


Foto: Istagram @gadiskretek dan @gp_sindhunata

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler