Sebentar Lagi Bakal Ada UWRF 2019, Ini Deretan Pembicaranya

Bandung - Setelah meluncurkan tiket early bird dan mengumumkan 16 nama pembicara, Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2019 resmi mengumumkan main program dan daftar lengkap pembicaranya nih. Perhelatan sastra dan seni terbesar di Asia Tenggara ini bakal menghadirkan 200 pembicara yang terdiri dari penulis, jurnalis, seniman, sutradara, pegiat dan tokoh penting lainnya yang berasal dari 30 negara.

Selain Indonesia, ada negara Italia, Kolombia, Kamerun, Thailand, Turki, Portugal hingga Pakistan dan lainnya. Selama lima hari bakal ada beragam program, mulai dari percakapan, panel diskusi, acara spesial, pertunjukkan musik dan seni hingga lokakarya penulisan. 

Pada tanggal 23-27 Oktober 2019 mendatang, mereka bakal hadir dalam lebih dari 170 program di lebih dari 70 lokasi di Ubud. Kota Ubud sendiri tahun ini menempati urutan keenam dalam daftar 15 Kota Terbaik di Dunia versi Travel & Leisure. Mantap ya! Ini jadi alasan mengapa The Telegraph menyebut UWRF jadi salah satu dari lima festival sastra terbaik dunia untuk tahun 2019.

Mau tahu siapa saja yang bakal jadi pembicara di perhelatan sastra ini? BeritaBaik punya bocorannya nih. Sederet nama pembicara nasional dan internasional tahap awal telah diumumkan bulan lalu, seperti Seno Gumira Ajidarma, Laksmi Pamuntjak, Azhari Aiyub, Andreas Harsono, Yotam Ottolenghi, Susan Orlean, dan Behrouz Boochani. 

Beberapa waktu lalu, UWRF mengumumkan deretan nama pembicara yang tidak kalah menarik seperti Yusi Avianto Pareanom, Maria Hartiningsih, Faisal Oddang, Theoresia Rumthe, Didiet Maulana, Marmar Herayukti, dan Melati Suryodarmo. 

Beberapa ilustrator berbakat pun akan hadir menyemarakkan UWRF, seperti Lala Bohang, Hezky Kurniawan, Kathrin Honesta, dan Rizka Ramli, pelajar dan ilustrator asal Makassar yang menjuarai Kontes Komik Superhero UNICEF. 

Tidak hanya itu, dari dunia perfilman Indonesia, UWRF juga menghadirkan Garin Nugroho, Richard Oh, dan Rayya Makarim. Ketiganya akan menceritakan hal-hal menarik dan menantang selama berkarya di industri perfilman Indonesia.

Dari internasional, UWRF siap menyambut beberapa sosok menarik seperti Irvine Welsh, Akala, Lindy West, Megan K. Stack, Lemn Sissay, Reza Aslan, Lindsay Wong, Sanam Maher, Sinonke Msimang, Nazli Karabiyikoglu, Guy Gunaratne, dan masih banyak lagi. Buat informasi  lebih lengkap jangan lupa kunjungi tautan berikut ya TemanBaik ubudwritersfestival.com/writers/

Foto: dokumentasi UWRF

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler