3 Hal Unik di Upacara HUT RI ke-74 Tingkat Jabar

Bandung - Hari ini di berbagai daerah di Indonesia menggelar upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, termasuk di daerah TemanBaik juga kan? Nah, untuk tingkat Jawa Barat, upacara peringatan HUT RI digelar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Ada beberapa hal unik yang tersaji di sini. Apa saja ya?

1. Pidato Jenaka Ridwan Kamil
Seperti upacara pada umumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara. Ia pun menyampaikan pidato. Tapi, pidatonya enggak 100 persen serius dan kaku. Ia justru nyeleneh membumbui pidatonya dengan membacakan pantun. Ini jadi hal baru dalam upacara peringatan HUT RI tingkat Jawa Barat.

"Saya bikin tradisi baru, pidatonya ada yang serius, ada yang jenaka menggunakan pantun. Tapi pesan (dalam pantun) juga sangat relevan dengan kemerdekaan," kata Emil, sapaan akrabnya, seusai upacara.

Pantun itu disusun bersama tim penyusun pidato. Total ada lima pantun yang dibacakan di sela pidato. Ini salah satunya:

'Keliling kota mencari cincin. Untuk meminang kekasih hati. Agar Jabar juara lahir batin. Inovasi dan kolaborasi jangan berhenti'.

Selain pantun, ia menyampaikan berbagai pesan penting, termasuk amanat Presiden Joko Widodo. Intinya persatuan harus tetap dijaga.

"Adalah kewajiban bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai modal terbentuknya bangsa Indonesia untuk tetap utuh selamanya," tutur Emil.

2. Kentalnya 'Rasa' Papua
Di akhir rangkaian upacara, puluhan orang Papua tampil di lapangan. Mereka menari sambil diiringi lagu 'Sajojo'. Hal itu menjadi hiburan tersendiri, bahkan, warga hingga pejabat ada yang terlihat ikut menari. Bahkan Ridwan Kamil pun ikut berjoget.

Tidak hanya itu, di bagian selatan lapangan upacara, terdapat sebuah backdrop berukuran besar. Di dalamnya terdapat wajah orang Papua, termasuk anak-anak. Sedangkan pada bagian kiri terdapat foto Emil, Kapolda Jawa Barat, dan Pangdam III Siliwangi.

'Kami orang Aslia Papua bersama warga Jawa Barat merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74' begitu isi tulisan di sebelah kanan bawah spanduk.

Menurut Emil, hal itu menandakan persatuan. Itu juga jadi cermin bahwa Jawa Barat adalah provinsi yang dihuni berbagai suku, ras, agama, hingga golongan. Tapi, di saat yang sama persatuan tetap terjaga.

"Kita berbahagia dalam kesempatan ini merayakan dengan warga Papua. Kalau di tempat lain mah banyak dinamika, di Jabar mah insya Allah aman, kondusif, karena kitanya silih asah, silih asih, silih asuh, silih wawangi," tutur Emil.

3. Konvoi Vespa
Seolah sudah jadi tradisi, peringatan HUT RI tingkat Jawa Barat selalu diwarnai adanya konvoi sepeda motor Vespa. Mereka berasal dari Vespa Antique Club (VAC).

Total, ada 1.500 Vespa yang dihadirkan dalam konvoi itu. Barisan terdepan dipimpin para biker dengan menggunakan belasan Vespa berwarna merah. Konvoi itu sudah berjalan rutin selama 21 tahun setiap peringatan HUT RI.

Di antara para peserta konvoi, terlihat beberapa para pemeran di serial 'Preman Pensiun', salah satunya Epy Kusnandar. Para peserta konvoi menempuh sejumlah rute dan akan finis di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler