Bikin Sadar Kebersihan di Perairan Lewat Gerakan Menghadap Laut

Denpasar - Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut  (BPSPL) Denapsar menyelenggarakan gerakan menghadap laut. Gerakan ini dilaksanakan di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar, Minggu (18/8/2019).

Gerakan ini sendiri merupakan gerakan nasional yang diadakan serentak di 74 lokasi di sepanjang pesisir pantai Indonesia untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Ratusan peserta dari beragam kalangan turut meramaikan kegiatan ini. Serangkaian acara digelar mengisi kegiatan ini, mulai dari aksi bersih pantai hingga pertunjukan tari kecak kolosal.

Kepala BPSPL Denpasar, Suko Wardono menyampaikan gerakan menghadap ke laut tahun ini memasuki tahun pelaksanaan kedua. "Gerakan ini dimaksudkan untuk mengajak semua peserta merenung tentang keberadaan laut terhadap keberlangsungan hidup," katanya pada BeritaBaik.

Baca Ini Juga Yuk: Bendera Merah Putih Sepanjang 1.945 Meter Dibentangkan di Bali

Dia mengimbau segenap elemen masyarakat untuk turut menjaga lautan Indonesia, terlebih Bali. "Sebagian besar wilayah laut menopang kehidupan, misal ada ikan untuk gizi, keindahan untuk wisatawan dan harus dijaga dari adanya bahan pencemar," jelasnya.

"Kita menghadap laut, merenung menghadapi laut sebagai sumber kesejahteraan ke depan bisa dijaga bersama," katanya. Menurutnya sekarang laut dicemari banyak sampah plastik yang sulit terurai dan mengganggu lingkungan.

Ia berharap pelaksanaan gerakan ini bukan hanya mengubah pola pikir, tapi dengan tindakan. "Harapannya masyarakat lebih sadar sehingga upaya besihkan laut ini tidak hanya dari pemerintah saja. Generasi muda juga kami libatkan," katanya.

Sementara itu Asisten I Pemkot Denpasar, Made Toya mengatakan untuk pengurangan sampah plastik, Denpasar juga telah mengeluarkan Perwali 36 tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik. Selain itu dengan gerakan menghadap ke laut, memandang laut dapat menyadarkan masyrakat tentang pentingnya menjaga kebersihan laut.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler