Ikut Bantu Disabilitas di Bandung Nonton Film Gundala Yuk!

Bandung - TemanBaik, tahu enggak jika ternyata nonton film di bioskop adalah hal langka bagi mayoritas disabilitas? Selain minder, ada orangtua yang melarang anaknya ke bioskop dengan beragam alasan. Di luar itu, ada beragam alasan lain yang membuat bioskop jadi 'barang langka' bagi anak disabilitas.

Hal itu yang membuat Restu Khoerunnisa dan Vinlie Vergio tergerak. Melalui Setara, komunitas yang fokus pada isu ramah disabilitas, mereka menggagas kegiatan nonton bareng Film Gundala. Para pesertanya adalah siswa dari beberapa SLB di Kota Bandung. Rencananya, kegiatan itu akan digelar 31 Agustus 2019 di Bioskop XXI Cihampelas Walk Bandung.

Kenapa sih Restu dan Vinlie ingin mengajak puluhan siswa disabilitas nonton ke Bioskop? Untuk film, sengaja dipilih Gundala karena film ini masih hangat. Selain itu, Gundala adalah karakter pahlawan super asli Indonesia. Film itu diharapkan membuat para siswa semangat dalam menjalani kehidupannya.

Di sisi lain, mengajak mereka ke bioskop adalah untuk memperkenalkan dengan dunia luar. Sebab, selama ini mereka sangat jarang main ke tempat publik seperti mal, apalagi nonton ke bioskop.

Tapi, nantinya para siswa itu enggak cuma asal datang dan tinggal duduk manis loh. Mereka tetap harus registrasi hingga mencari tempat duduk sendiri sesuai tiket.

"Kita ingin poinnya itu mereka bisa berinteraksi," ujar Restu kepada BeritaBaik.id, Selasa (20/8/2019).

Dengan cara seperti itu, mereka akan tahu bagaimana caranya nonton di bioskop. Mereka juga diharapkan bisa berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Sehingga, stigma orang lain terhadap disabilitas perlahan bisa runtuh setelah melihat mereka bisa melakukan apapun seperti orang lain. Yang paling penting, mereka bisa memiliki kepercayaan diri untuk berada di ruang publik dengan keistimewaannya.

"Jadi nanti harapannya ke depan mereka bisa melakukan berbagai hal sendiri, mau nonton, mau pergi, atau apapun," tutur Restu.

Tapi, ada masalahnya loh TemanBaik. Restu dan Vinlie tak punya dana untuk membawa rombongan yang jumlahnya hampir 100 orang. Apalagi, rencananya ia ingin menyewa satu ruang bioskop penuh bagi siswa disabilitas tersebut. Butuh dana sekitar Rp15 juta untuk semua kebutuhannya. Sedangkan dana yang terkumpul dari donasi sejauh ini baru sekitar Rp500 ribu.

Sejak beberapa hari lalu, penggalangan dana pun dilakukan secara terbuka. Siapapun bisa berdonasi untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Jika TemanBaik ingin berdonasi, kamu bisa menyalurkannya ke rekening BCA dengan nomor 295.215.7605 atas nama Restu Khoerunnisa.

Selain penggalangan dana, Restu dan Vinlie kini juga sedang sibuk mencari sponsor ke sana-sini. Harapannya, kegiatan nonton bareng itu bisa terlaksana sesuai jadwal. Mereka juga sedang mengupayakan agar film Gundali diberi teks. Tujuannya agar mereka yang tunarungu bisa memahami isi film dan percakapan di dalamnya.

"Kemarin kita sudah konfirmasi sama pihak (pembuat) filmnya, katanya mau diusahakan ada teksnya. Ini juga jadi salah satu gagasan besar agar ke depan film Indonesia itu ada teks bahasa Indonesianya. Karena yang tunarungu ini mereka mau nonton enggak bisa, mereka cuma mengandalkan membaca gerakan bibir," jelas Restu.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler