Melihat Keseruan Balap Jukung Tradisional di Sanur

Denpasar - Sanur Village Festival tahun ini kembali menggelar lomba jukung layar tradisional, Rabu (21/08/2019) di Pantai Segara Ayu, Sanur, Denpasar. Setidaknya 25 jukung layar tradisional di kawasan Sanur bersaing menyusuri perairan Segara Ayu sepanjang 15 kilometer.

Lomba ini merupakan serangkaian kegiatan Sanur Village Festival sebelum dibuka secara resmi pada malam harinya.

Ketua Panitia lomba jukung Sanur Village Festival, I Wayan Jelantik menyampaikan perlombaan ini merupakan ajang mempertahankan keberadaan jukung layar tradisional yang kini hanya ada di kawasan Sanur. "Jukung layar di kawasan ini sudah jadi moda transportasi tradisional," jelas pria yang juga Ketua Induk Prolayar Dewi Satayu Jana Gandhi Sanur.

Ia mengatakan selain jadi moda transportasi tradisional, kini keberadaan jukung layar juga merupakan magnet yang menarik kunjungan wisatawan. "Jukung banyak dipakai untuk kegiatan pariwisata. Dipakai mengantar tamu untuk memancing atau sekadar mengelilingi perairan Sanur," jelasnya.

Terbukti kehadiran jukung tradisional selalu menjadi perhatian warga sekitar dan wisatawan. Jukung dengan layar warna-warni sangat menarik untuk menjadi objek foto. Tidak sedikit wisatawan menjadikan jukung dengan layar aneka warna ini sebagai latar untuk swafoto.

“Bagus sekali. Baru pertama kali nonton atraksi wisata ini,” seru Didit, salah satu wisatawan asal Lampung.

Wayan Jelantik menyebut perlombaan ini menjadi cara yang tepat mempertahankan jukung layar sekaligus mempromosikan pada wisatawan. "Apalagi jukung layar jadi maskot Sanur Village Festival," tambahnya.

Dijadwalkan mulai pada pukul 08.00 WITA, perlombaan sedikit molor karena air laut sempat surut. Perlombaan berlangsung dengan lancar dan berakhir sekitar pukul 11.00 WITA.

Jukung layar yang dilombakan berlayar sejauh 15 kilometer dari Pantai Segara Ayu menuju menuju selatan ke arah Pantai Semawang. Selanjutnya dari Pantai Semawang masuk ke daerah karang menuju ke Pantai Mertasari, Pantai Hyatt, Pantai Santrian dan finish kembali di Pantai Segara Ayu.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler