Sekarang Kota Samarinda Sudah Punya Command Center

Untuk mempermudah dalam memberikan bantuan kepada masyarakat terkait kebencanaa, gangguan kamtibmas atau hal-hal darurat lainnya, Kota Samarinda kini sudah punya Command Center loh. Command Center ini secara tidak langsung dijadikan pusat penanggulangan keadaan darurat.

Lewat laman samarindakonta.go.id, Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengatakan jika Kota Samarinda berkomitmen untuk membangun sebuah produk digital agar bisa mengimbangi kemajuan teknologi.

"Di zaman sekarang tidak mungkin lagi Walikota dan Kapolres bisa mengawasi kota, cukup lewat CCTV sudah bisa kita pantau di Command Center. Jadi, dengan kemajuan teknologi tidak usah lagi menghadap Walikota, lewat teleconference kita bisa komunikasi dengan jarak jauh tanpa harus bertatap muka," jelas Jaang.

Ia menginginkan dengan hadirnya Command Center, aparat pemerintah bisa dengan mudah bertransformasi dengan dunia digital. Termasuk unsur-unsur yang ada di perangkat kelurahan juga harus siap untuk mengikuti loncatan teknologi.

"Surat-surat rekomendasi yang dikeluarkan kelurahan maupun kecamatan sekarang bisa selesai tepat waktu dengan tanda tangan elektronik. Jadi, enggak ada alasan lagi Lurahnya belum tanda tangan karena tidak ada di kantor," singgungnya.

Lebih lanjut, Jaang juga meminta kepada Diskominfo untuk memberikan pelatihan kepada Ketua RT di Samarinda agar mereka bisa terlatih dalam menggunakan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Command Center

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah menambahkan bahwa Command Center merupakan pusat semua kegiatan OPD se-Samarinda.

Ia menginformasikan bila pihaknya  sudah melakukan kerja sama dengan 7 OPD, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Penanggulangan Bencana, Damkar, dan lain-lain untuk mengirimkan stafnya sebanyak 4 orang untuk bisa bergantian mengisi ruang komando tersebut.

"Aktifitas kegiatan terpusat di sana. Misalnya kalau ada kejadian kebakaran dan lainnya, nanti dikendalikan lewat Command Center," tuturnya.

Saat ini di Samarinda sendiri sudah terpasang 26 titik Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di seluruh ruas jalan protokol dan taman kota, yang seluruhnya sudah bisa dipantau lewat Command Center.


Foto: Poldakaltim.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler