Ada Kirab Kejuangan 45 Minggu Ini di Bandung, Nih Bocorannya!

Bandung - TemanBaik sudah punya agenda liburan Minggu (25/8/2019) ini? Jika belum, berkunjung ke Kota Bandung bisa jadi salah satu pilihan. Sebab, akan ada kegiatan Kirab Kejuangan 45 dalam rangka peringatan Hari Veteran Nasional 2019.

Kirab akan berlangsung dengan titik awal di area car free day (CFD) Jalan Ir. Djuanda (Dago) dan berakhir di Plaza Balai Kota Bandung. Lebih dari 1.000 orang akan jadi peserta kirab. Mereka akan berjalan kaki dengan mengenakan beragam pakaian yang berhubungan dengan perjuangan. Ada yang memakai seragam tentara Hindia Belanda, Jepang, serta tentunya tentara Indonesia.

Mereka juga akan membawa berbagai aksesori atau peralatan tempur, mulai dari replika senapan, samurai, hingga bambu runcing. Sepanjang perjalanan, akan ada semacam penjelasan dari panitia soal apa yang dipakai para peserta kirab melalui pengeras suara di atas mobil.

Kirab akan berlangsung mulai pukul 07.00 WIB dengan rute Jalan Dago, Jalan Merdeka, hingga terakhir di Balai Kota Bandung. Selain kirab dengan berjalan kaki, akan ada juga parade kendaraan zaman perjuangan, mulai dari mobil, sepeda motor, hingga sepeda.

Peserta ini akan ikut dalam rombongan kirab pejalan kaki, yaitu dari Jalan Dago. Tapi, kirab kendaraan akan bergerak ke Jalan R.E. Martadinata (Riau) setelah memasuki perempatan Jalan Merdeka-Riau. Rombongan lalu berlanjut ke Jalan Laswi, Gatot Subroto, Asia-Afrika, Banceuy, ABC, Braga, dan finis di Balai Kota Bandung.

Ketua DPC LVRI Kota Bandung Patmo mengatakan kirab itu bertujuan untuk membuat publik sadar bahwa negara Indonesia bisa merdeka salah satunya berkat jasa para veteran. Melalui kirab itu, masyarakat juga diharapkan memiliki semangat untuk berjuang dan bersatu untuk mengisi kemerdekaan.

Baca Ini Juga Yuk: Jelajah Malam Museum KAA Kembali Digelar Nih, Ikutan Yuk!

"Jiwa dan semangat kejuangan 45 itu perlu diwariskan kepada generasi muda. Kita juga dulu berjuang untuk negara ini tanpa pamrih. Kegiatan ini juga untuk mengingatkan warga agar jangan sampai lupa dengan sejarah (bangsa) kita," ujar Patmo kepada BeritaBaik.id di Kantor DPC LVRI Kota Bandung, Kamis (22/8/2019).

Kirab tahun ini adalah kelima kali yang digelar secara beruntun. Di Indonesia, baru Kota Bandung yang memiliki agenda tahunan seperti itu, khususnya dalam peringatan Hari Veteran Nasional yang jatuh setiap tanggal 10 Agustus.

Menariknya, para peserta kirab tidak dibayar. Mereka sukarela ikut dan menawarkan diri jadi peserta. Selain veteran, ada berbagai komunitas yang jadi peserta. Bahkan, ada peserta yang sengaja jauh datang dari Surabaya.

"Ada dari Komunitas Kejuangan Surabaya yang akan datang. Mereka akan datang ke sini sabtu ini dan nginap di sini," ujar Ketua Umum Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHC-BPK 45) Kota Bandung Nana Suhana.

Menariknya, dalam kirab dan parade kendaraan akan dipadukan kesenian tradisional. Tapi, seperti apa nantinya, lebih baik TemanBaik saksikan sendiri ya agar jadi kejutan. Kegiatan Kirab Kejuangan 45 pun akan tercatat dalam rekor Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai kirab dengan peserta terbanyak.

Jika TemanBaik tidak bisa menyaksikan kirab karena keterbatasan waktu, datang saja deh ke Plaza Balai Kota. Sebab, di sana akan ada beragam kemeriahan yang juga bagian dari Kirab Kejuangan 45. Kamu bisa berswafoto hingga berbincang langsung dengan para veteran. Di sini, kegiatan akan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB.


Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler